PTK SMA KIMIA (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MEMBERIKAN UMPAN BALIK KUIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD))


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 DEMAK DENGAN MEMBERIKAN UMPAN BALIK KUIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

ABSTRAK

___________. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 2 Demak dengan Memberikan Umpan Balik Kuis dalam Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD).

Skripsi. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Eko Budi Susatyo, M.Si dan Pembimbing II Dra. Sri Wardani, M.Si.

Kata kunci: Hasil belajar kimia, umpan balik kuis dan Student Teams Achievement Division (STAD)

Hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 2 Demak masih relatif rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran kimia. Siswa enggan dan takut bertanya kepada guru meskipun belum memahami materi yang diajarkan sehingga materi pelajaran tidak dapat dikuasai sepenuhnya oleh siswa. Selama ini guru menggunakan metode ceramah dan tugas individual. Cara ini ternyata kurang efektif dalam mencapai standar ketuntasan belajar. Saat mengoreksi hasil tes siswa, guru hanya mencoret jawaban yang salah tanpa menunjukkan jawaban yang benar. Hal ini mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam mencari jawaban yang benar dan mungkin melakukan kesalahan yang sama pada ulangan berikutnya sehingga sulit untuk meningkatkan hasil belajarnya.

Berdasarkan uraian di atas peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan umpan balik kuis dalam model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah pemberian kuis dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 2 Demak, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemberian kuis dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 2 Demak, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan empat siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XI-IPA1 SMA Negeri 2 Demak. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif .

Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 67,26, kemudian siklus II meningkat menjadi 76,66 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 80,1. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I adalah 80,95%, kemudian pada siklus II sebesar 92,86% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 95,26%. Peningkatan hasil belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa. Siswa semakin aktif bekerjasama dalam kelompok dan merasa senang selama proses pembelajaran.

Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah pemberian umpan balik kuis dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 2 Demak, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain: (1) Dalam menggunakan model pembelajaran STAD dibutuhkan manajemen waktu yang baik. (2) Guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga siswa tidak mengalami kebosanan. (3) Guru hendaknya meningkatkan teknik pemberian umpan balik.

DAFTAR PUSTAKA

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Semarang press.

Apitasari, Rina. 2005. Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Stokiometri Siswa Kelas X-6 Semester 1 SMA Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Semarang: UNNES.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara

Darsono, Marx. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Pres

Dimyati, Mahmud. 1994. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi aksara.

Ibrahim, H. Muslimin, Fida R., M. Nur, Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Pres

Kardi, Soeparman dan Nur, Muhammad. 2001. Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.

Lie, Anita. 2004. Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Prabowo. Andi. 2005. Komparasi Hasil Belajar Materi Pokok Perhitungan Kimia Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 13 Semarang antara yang Diberi Pembelajaran Menggunakan Metode Problem Posing dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Metode Konvensional. Skripsi. Semarang: UNNES

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperatif Learning. Boston London, Allyn and Bacon

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suherman, Erman, Turmudi, Didi S., Tatang H., Suhendra, Nurjanah. 1990. Petunjuk Praktis Evaluasi Pendidikan. Bandung: Wijaya Kusuma Suherman, Erman, Turmudi, Didi S., Tatang H., Suhendra, Sufyani Prabowo,

Nurjanah, Ade Rohayati. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s