PTK SMA KIMIA (PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK MATERI SISTEM KOLOID DENGAN MODEL BAKULIKAN)


PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK MATERI SISTEM KOLOID DENGAN MODEL BAKULIKAN DI KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2006/2007

ABSTRAK

____________. “Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Sistem Koloid dengan Model Bakulikan di Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2006/2007”. Skripsi Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Siti Sundari Miswadi, M.Si., Pembimbing II Ir. Winarni, M.Si.

Siswa SMA Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara khususnya kelas XI IA2, pada ulangan blok I hanya mencapai ketuntasan belajar kimia sebesar 46,51% siswa. Sehingga tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kreativitas siswa SMA Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara setelah menggunakan model Bakulikan (Baca, Diskusi, Lihat dan Lakukan). Model Bakulikan adalah model pembelajaran yang menggabungkan 4 pola kegiatan yaitu membaca, diskusi, melihat dan melakukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 3 siklus.

Masing-masing siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun fokus dalam penelitian adalah hasil belajar dan kreativitas siswa kelas XI IA2 SMA Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara tahun ajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes akhir siklus dan angket. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 73,56, pada siklus II adalah 74,89 dan pada siklus III adalah 81,55. Sehingga dalam persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 79,07 %, pada siklus II naik menjadi 86,05 % dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 95,35 %. Sedangkan kreativitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu 51,72 % pada siklus I naik menjadi 60,56 % pada siklus II dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 70,14%.

Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model Bakulikan dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Saran yang diajukan adalah model Bakulikan dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran.

Kata kunci : kreativitas, hasil belajar, model Bakulikan.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

____________ , 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Binadja, Ahmad. 2002. Penelitian Bervisi SETS, makalah disampaikan dalam seminar Nasional Berorientasi ketrampilan Hidup dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Semarang: UNNES.

Bobbi de Potter dan Miecke Hernacki. 2003. Quantum Learning. Bandung : Mizan Pustaka

Catharina, Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : UPT MKK UNNES

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, LP Ario, Nathan Hindarto, Supartono. 2005. Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Dengan Model Bakulikan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol. 3 No. 1 Maret 2005

Purba, Michael. 2004. Kimia untuk SMA XI B. Jakarta : Erlangga

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan (Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat). Jakarta : PT Gramedia Putaka Utama

Pusat Bahasa Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta : Balai Pustaka

Semiawan, Conny. 1997. Prespektif Pandangan Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 1989. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Supartono. 2006. Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia Dengan pendekatan chemoentrepreneurship (CEP). Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES.

Suriasumantri. J, S. 2003. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s