PTK SMP MATEMATIKA (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG DENGAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII )


EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG DENGAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PESERTA DIDIK  KELAS VIII SMP N 15 SEMARANG

ABSTRAK

_____________________. 2006. Efektivitas Pembelajaran Matematika Bangun Ruang dengan Strategi Student Team Heroic Leadership dan Pemberian Tugas Terstruktur pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 15 Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas MIPA. Universitas Negeri Semarang.

Kata Kunci:  Strategi Student Team Heroic Leadership, Tugas Terstruktur, Keterampilan Proses, Hasil Belajar 

Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur menjadi salah satu alternatif strategi pembelajaran matematika. Pembelajaran  disusun dengan diawali  pemberian tugas terstruktur, dalam hal ini berbentuk modul (bisa dikerjakan di rumah) kemudian dilanjutkan dengan tatap muka di kelas diharapkan   dapat mencapai tujuan  lebih baik.

Melihat kondisi pembelajaran matematika Bangun Ruang di SMP N 15  Semarang, diusulkan dalam penelitian ini dilaksanakan  pembelajaran matematika Bangun Ruang dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)  ketuntasan belajar dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur, (2) pengaruh keterampilan proses dengan strategi tersebut terhadap  hasil belajar, dan (3) apakah hasil belajar pendekatan  tersebut di atas lebih abik dari pada strategi pembelajaran ekspositori.  Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik  kelas VIII yang terdiri dari tujuh kelas SMP N 15 Semarang dengan rataan  44 peserta didik. Sampel dilakukan dengan Cluster  random sampling untuk mengambil kelas eksperimen yaitu VIII G dan kelas Kontrol VIII E. Variabel bebas adalah keterampilan proses dan variabel terikat  hasil belajar  dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur.

Cara pengambilan data dengan lembar pengamatan dan tes. Data yang diperoleh dideskriptifkan dan diolah dengan analisis uji t satu sampel, dan analisis regresi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika Bangun Ruang dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur (1)  mencapai ketuntasan belajar keterampilan proses 70 dan ketuntasan hasil belajar 68, (2) keterampilan proses dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur berpengaruh positif terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik (R) sebesar 83,8%, dan (3) Hasil belajar dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori.

Saran, sistem pembelajaran di kelas sebaiknya harus memperhatikan keterampilan prosesnya. Salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adalah dengan menerapkan strategi student team heroic leadership yang dilengkapi tugas terstruktur.

DAFTAR PUSTAKA

Anni, Chatarina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Unnes.

Arifin, Zaenal. Drs. 1991. Evaluasi Instruksional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika. Jakarta: Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartutik. 2006. Efektivitas Pembelajaran Biologi SMA dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berdasar Analisis SWOT dalam kemasan CD Interaktif. Tesis: Program Pascasarjana Prodi Pend. IPA Unnes.

Joko. 2006. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berproses pada Pembelajaran Pendekatan Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP N 4 Pati. Skripsi: Prodi Pend. Matematika Unnes.

Junaedi, Samsul. 2004. Matematika SMP untuk Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Junaedi, Dedi. 1999. Penuntun Belajar Matematika Untuk SLTP Kelas 3. Jakarta: Mizan.

Nasution, Dr. Wahyudin Nur. 2007. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Sains Ditinjau dari Cara Berpikir. Tersedia di: http://www.litagama.org/jurnal/Edisi5/StrategiPemb.htm [18 Februari 2007].

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Salatiga: Bumi Aksara.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukestiyarno,dkk. 2005. Upaya Menumbuhkan Semangat Siswa Mencapai Standar Kompetensi dengan Model Pembelajaran Heroik dan Turnamen Matematika SMA. Usulan PTK: Fakultas MIPA Unnes.

Sukestiyarno, dan Budi Waluya. 2006. Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Membentuk Mahasiswa menjadi Matematikawan yang Filsafati Melalui Pembelajaran Filsafat Ilmu dengan Strategi Student Team Heroic Leadership. Laporan Teaching Grant: Pend. Matematika Unnes.

Sugandi, Achmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Unnes.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.

Suyitno, Amin. 2003. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Unnes.

Tim PPG Matematika. 2005. Materi Pembinaan Matematika SMP. Yogyakarta: Depdikbud.

Zaelani, Ahmad. 2006. Pendalaman Kompetensi Matematika dan Uji Latih Mandiri. Jakarta: Yrama Widya.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s