PTK SMP BIOLOGI (MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN JAS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DAN PENILAIAN AUTENTIK)


MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN JAS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DAN PENILAIAN AUTENTIK DI SMPN 37 SEMARANG

ABSTRAK

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  adanya  fakta  bahwa  kelas  VII  D umumnya   pasif   dalam   pembelajaran   Pengetahuan  Alam-Biologi.   Hal   ini ditunjukkan  dengan  kurangnya  frekuensi  tanya  jawab,  kurangnya  keberanian siswa  untuk  mengemukakan pendapat,  dan  hasil  nilai  rata-rata  Ulangan  Harian materi  Saling  Ketergantungan  sebesar  64,6  dengan  ketuntasan  belajar  klasikal 66,67%  dari  jumlah  siswa  45  terdiri  dari  21  putra  dan  24  putri.  Tujuan  dari

Penelitian   Tindakan   Kelas   (PTK)   ini   adalah   untuk   mengetahui   peningkatan kualitas    pembelajaran    materi    Pengelolaan    Lingkungan    melalui    penerapan pendekatan  Jelajah  Alam  Sekitar  (JAS)  dengan  pembelajaran  kooperatif  Think- Pair-Share (TPS) dan penilaian autentik di kelas VII D SMPN 37 Semarang.

PTK dilakukan di kelas VII D SMPN 37 Semarang dengan jumlah siswa 45.  Penelitian  ini  dilaksanakan  dalam  tiga  siklus.  Tiap  siklus  terdiri  dari  empat tahap  yaitu:  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi,  dan  refleksi.   Siklus  I  dan  II dilaksanakan   di   dalam   ruang   kelas   pada   submateri   penebangan   hutan   dan pencemaran air melalui eksplorasi artikel dari internet. Siklus III dilaksanakan di luar  kelas  pada  submateri  pencemaran  tanah  dan  udara  namun  tetap  melakukan eksplorasi artikel tentang pencemaran udara. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah   (1)   peningkatan   persentase   siswa   yang   terlibat   aktif   dalam   proses pembelajaran   minimal   sebesar   75%,   (2)   peningkatan   persentase   siswa   yang memperoleh nilai ≥ 65 atau jumlah siswa yang belajar tuntas meningkat menjadi ≥ 85%  ,  dan  (3)  peningkatan  persentase  kinerja  guru  dalam  proses  pembelajaran menjadi ≥ 85%.

Berdasarkan hasil pengamatan siklus I, II, dan III diperoleh data kenaikan jumlah  siswa  yang  aktif  dalam  pembelajaran.  Jumlah  siswa  yang  aktif  dalam ketiga siklus tersebut berturut-turut: 36,36%, 69,77%, 93,33%. Penilaian terhadap prosentase  tuntas  belajar  meliputi:  performance,  portofolio,  dan  tes  individu. Tingkat pencapaian tuntas belajar klasikal pada siklus I 79,55%, siklus II 88,37%, dan siklus III 91,11%. Kinerja guru mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu 85,7%,  96,4%,  dan  100%.  Berdasarkan  hasil  penelitian  nampak  bahwa  kualitas pembelajaran mengalami peningkatan pada tiap siklusnya.

Berdasarkan  hasil  penelitian  dan  pembahasan,  dapat  disimpulkan  bahwa pembelajaran materi Pengelolaan Lingkungan dengan penerapan pendekatan JAS melalui pembelajaran kooperatif TPS dan penilaian autentik dapat meningkatkan kualitas  pembelajaran  di  kelas  VII  D  SMPN  37  Semarang. Sedangkan  saran penelitian  ini  yaitu  perlu  dilakukan  sosialisasi  terlebih  dahulu  tentang  langkah- langkah  pembelajaran  TPS  pada  siswa  sebelum  diterapkan  dalam  pembelajaran agar  proses  pembelajaran  dapat  berjalan  dengan  lancar  dan  perlu  manajemen waktu    yang    baik    terhadap    pelaksanaan    pembelajaran  melalui penerapan pendekatan JAS dengan pembelajaran kooperatif TPS penilaian autentik sehingga siswa  benar-benar  dapat  memanfaatkan  waktu untuk  berdiskusi  dan  memahami materi yang dipelajari.

DAFTAR PUSTAKA

Agustini,  F.  2005.  Peningkatan  Hasil  Belajar  Kimia  Pokok  Bahasan  Sistem Periodik dan Struktur Atom Kurikulum 2004 dengan Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas X semester I SMA Negeri I Banjarnegara Tahun Pelajaran 2004/2005. Universitas Negeri Semarang. Skripsi. (tidak dipublikaskan)

Ahmad,   Y.   2001.   Peningkatan   Pemahaman   Konsep   Kelangsungan   Hidup Organisme  dalam  IPA  Biologi  Siswa  Kelas  III  SLTPN 15  Bandung melalui Pembelajaran  dengan  Pendekatan  Lingkungan.  National  Seminar on Science and Mathematic Education. Bandung: 21 Agustus 2001. 8 hal.

Anggraito, U. ; S. Ridlo; A. Nugroho, dan D. Palupi. 2005. Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS).SeminarNasionalMatematikadanIlmuPengetahuan Alam.Semarang: 10 Desember 2005. 7 hal.

Anonim  a.  2003.  Kurikulum  2004  Standar  Kompetensi  Mata  Pelajaran  Sains. Jakarta: Depdiknas.

        __     b.      Strategies      for      Reading     to      Learn.     Think-Pair-Share. http://curry.edschool.virginia.edu/go/edis771/note/THNKPRSH.html.  23 Desember 2005.

        __  c.  Think-Pair-Share.  http://www.eazhull.org.uk/ncl/think-pair-share.htm. 23 Desember 2005.

        __ d. http://wcer.wisc.edu/archive/cl1/CL/doingcl/thinkps.htm. 23 Desember 2005.

Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. Ghofur,  A.  dan  D.  Mardapi.  2005.  Pedoman  Umum Pengembangan  Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim,   M.   ;   F.   Rachmadiarti;   M.   Nur   dan   Ismono.   2001.   Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Ibrahim, M. 2003. AssesmenAutentik. Jakarta: Depdiknas.

Kauchak, P. D. 1998. LearningandTeaching:RisetandBasedMethod. Amerika Serikat Aviacom Company.

Lie, A. 2004. CooperativeLearning.Jakarta: Grasindo.

Marianti, A dan N. E. Kartiyono. 2005. Jelajah Alam Sekitar. MakalahSeminar dan  Lokakarya  Pengembangan  Kurikulum  Biologi dengan  Pendekatan JAS. Semarang: Jurusan Biologi FMIPA UNNES.

Mukminan, 2004. PedomanKhusus Pembelajaran Tuntas. Jakarta: Depdiknas. Mulyasa,  E.         2003.                 Kurikulum   Berbasis      Kompetensi. Bandung:   Remaja Rosdakarya.

        ______.   2004.    Implementasi   Kurikulum    2004.    Bandung:    Remaja Rosdakarya.

Ngabekti,  S.,  Kukuh  S.,  Bambang  P.,  dan  Endang  S.  2005.  Penerapan  Model Pembelajaran  Investigasi  Kelompok  dengan Pendekatan  Jelajah  Alam Sekitar (JAS) pada Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya di SMP 32 Semarang.  Laporan  Penelitian  Hibah  A2  Biologi  FMIPA  Universitas Negeri Semarang..Semarang.

Nur,  M.  2005.  Ide-Ide  Inovatif  Pengembangan  Kurikulum  dan  Disain  Inovasi Pembelajaran Biologi. Seminar dan Lokakarya Pengembangan Kurikulum dan  Disain  Inovasi  Pembelajaran  Biologi  Program  Studi  Pendidikan Biologi dengan   Pendekatan Pembelajaran  Jelajah Alam Sekitar. Semarang: 14 Februari 2005. 16 hal.

Nurhadi. 2004. Kurikulum2004(PertanyaandanJawaban).Jakarta: Grasindo. Redjeki,  S.  dan  I.  S.  Aisyah.  2001.  Meningkatkan Pemahaman  Siswa  Terhadap Konsep Biologi yang Abstrak melalui Penerapan Pertanyaan Produktif dan Pembelajaran  Kooperatif  di  Kelas  II  A  SLTPN  12  Bandung.  National Seminar  on  Science  and  Mathematic  Education.  Bandung:  21  Agustus 2001. 9 hal.

Ridlo,   S.   2005.   Pendekatan   Jelajah   Alam   Sekitar.   Makalah   Seminar   dan Lokakarya  Pengembangan  Kurikulum  Biologi dengan  Pendekatan  JAS. Semarang: Jurusan Biologi FMIPA UNNES.

Sardiman. 2005. InteraksidanMotivasiBelajarMengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin,  R.  E.  1995.  Cooperative  Learning:  Theory,  Research,  and  Practice. Boston: Allyn and Bacon Publisher.

Soewarso.   1998.   Menggunakan  Strategi   Komparatif   Learning   di   dalam PendidikanIlmuSosial: Edukasi. No. 01. 9 hal.

Suhardi,  Bambang  S.  dan  Paidi.  2003.  Peningkatan  Keterlibatan  Siswa  dalam Proses  Pembelajaran  Sains  melalui  Implementasi Authentic  Assessment. Prosiding Seminar Nasional. Yogyakarta: 28 Juni 2003. 7 hal.

Sumampouw, M. 2000. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Penelitian Pengajaran Bahasa   Perancis   dengan   Pendekatan   Konstruktivistik   melalui   Metode Problem   Based   Learning. http://www.apfi- pppsi.com/cadence18/pedagog18-4.html. 2 Desember 2005.

Tim  Peneliti.  2002.  Kurikulum  Berbasis  Kompetensi  Sekolah  Lanjutan  Tingkat Pertama. Jakarta: Depdiknas.

Tim  Penyusun.  1995.  Kamus  Besar  Bahasa  Indonesia  (Edisi  Kedua).  Jakarta: Balai Pustaka.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s