SKRIPSI EKONOMI (PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN)


PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ALKOHOL ONE MED DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus pada CV. Global Surya Medica)

ABSTRAKSI

Setiap perusahaan dituntut untuk siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan perusahaan-perusahaan lain dari seluruh dunia untuk menghadapi globalisasi yang sering dikatakan era dunia tanpa batas. Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa variabel pengaruh harga, promosi, kualitas dan distribusi terhadap keputusan pembelian produk alkohol one med di kota Semarang. Penelitian ini menggunakan 3 variabel bebas yaitu pengaruh harga, promosi dan kualitas serta variabel keputusan pembelian produk.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengambil keputusan dalam membeli produk One med yang dipasarkan oleh CV. Global Surya Medica pada tahun 2005 yang berjumlah 1324 orang di Semarang dengan sampel yang diambil sebanyak 93 orang responden. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Kuantitatif dengan menggunakan alat pengumpulan data kuesioner yang dibagikan kepada responden.

Berdasarkan hasil pengujian statistik, dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa  variabel harga, promosi, kualitas dan distribusi mempunyai taraf  signifikan < 0,05 sehingga variabel-variabel tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med. Berdasarkan hasil perhitungan F hitung, secara bersama-sama variabel-variabel harga, promosi dan kualitas mempunyai taraf signifikan < 0,05, hal ini membuktikan bahwa variabel-variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.

Berdasarkan hasil perhitungan pada uji koefisien determinasi (Adjust R Square) menunjukkan bahwa keputusan pembelian produk alat kesehatan One med dipengaruhi oleh variabel harga, promosi dan kualitas sebesar 77,2%, sedangkan persentase sisanya sebesar 22,8% dijelaskan oleh variabel yang lain atau sebab-sebab diluar model regresi penelitian ini misalnya pelayanan, aksestabilitas pendapatan konsumen, saluan distribusi dan sebagainya.

Kata kunci       : Pengaruh harga, promosi dan  kualitas  terhadap keputusan pembelian produk.

DAFTAR PUSTAKA

Algifari, 1997, “Statistika Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis”, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Augusty Ferdinand. 2000. “Manajemen Pemasaran :  Sebuah Pendekatan Strategik“. Program Management Diponegoro University Semarang.

Andrew, J.C., 1989. The Dimensionality of Belefs Toward Advertising General. Journal Advertising. Vol. 18. h. 26-35

Azwar, Saifuddin, 2003. Reliabilitas dan Validitas. Sigma Alpha: Yogyakarta

Basu Swastha Dharmestha, 1999, Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Peneliti, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No.3, 73-88.

Craven, Davids W. 1995. “Pemasaran Strategi”, Jilid 1-2 (Edisi Terjemahan). Erlangga.

Djarwanto, 1995. “Statistik Non Parametrik”, Bandung, Alumni.

Doyle, Peter and John Saunders. 1995. “The Lead of Marketing Decision. “Journal of Marketing Research”. Edistion 22th (February). P. 54-65.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Badan Penerbit UNDIP: Semarang

Gujarati. Damodar,1995, “Basic Econometrics”. McGraw-Hill International Editions: New York

Handoko, Hani T., 1987. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Liberty: Yogyakarta.

Koppale K, Preveen, and Lehman Donald R. 1995. “The Effects of Advertised Quality on Expectation about New Product Quality. Journal of Marketing Research. Vol. XIV, march.

Kotler, Philip, 1995, “Manajemen Pemasaran – Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian”, Jilid 1 – 2, Edisi Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Mela, Carl F., Sunil Gupta and Donald R. Lehmann. 1997. The Long Term Impact of Promotion and Advertising on Sunsumer Brand Choice, Journal of Marketing Research. Vol XXXIV. P. 248 – 261

Nursalam. (2003). Manajemen keperawatan: aplikasi dalam praktik keperawatan profesional. Jakarta: Salemba Medika

Sugiyono, 1998. “Metode Penelitian Administrasi”, Bandung, Alfabeta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, “Metode Penelitian Survei”, Edisi Revisi, Jakarta, penerbit LP3ES

Singgih Santoso, 2000, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Usman, Husaini. 1995. Pengantar Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s