PTK MATEMATIKA (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM MATERI PECAHAN MELALUI BANTUAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET)


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI BULAKPACING 02 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL  DALAM MATERI PECAHAN MELALUI BANTUAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET

ABSTRAK

_________________, “Upaya  Meningkatkan  Hasil  Belajar  Siswa Kelas  III  SD  Negeri  Bulakpacing  02  Kecamatan  Dukuhwaru  Kabupaten  Tegal dalam  Materi  Pecahan  Melalui  Bantuan  Alat  Peraga  Benda  Konkret”  Skripsi, Semarang, FMIPA. Program studi S1 Pendidikan Matematika, UNNES.

Nilai  ulangan  harian  untuk  pokok  bahasan  pecahan  belum  memenuhi

syarat untuk dikatakan tuntas belajar. Respon siswa kurang baik terhadap pokok bahasan  pecahan,  akibatnya  hasil  tes  formatif maupun  hasil  tes  sumatif  rendah. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III semester I SD Bulakpacing 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal khususnya dalam materi pecahan melalui bantuan alat peraga benda konkret, agar nilai yang dihasilkan dapat memenuhi syarat ketuntasan belajar.

Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Bulakpacing   02   semester   I   Kecamatan   Dukuhwaru   Kabupaten   Tegal   tahun pelajaran  2005/2006  terdiri dari  24  siswa,  diantaranya 13 siswa  laki-laki dan  11 siswa perempuan.

Hasil  penelitian  adalah  sebagai  berikut:  Pada siklus I  siswa yang  tuntas belajar  sejumlah  14  siswa  (58,3  %)  dan  yang  tidak  tuntas belajar  sejumlah  10 siswa (41,7 %) dengan nilai rata-rata kelas 6,2 dan daya serap 61,7 %. Hasil pada siklus  II  siswa  yang  tuntas belajar  sejumlah  17  siswa  (70,8  %)  dan  yang  tidak tuntas belajar sejumlah 7 siswa (29,2 %) dengan nilai rata-rata kelas 7,3 dan daya serap 73,3 %. Sedangkan hasil pada siklus III jumlah siswa yang tuntas belajar 21 siswa (87,5 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 3 (12,5 %) siswa dengan nilai  rata-rata  kelas  8,8  dengan  daya  serap  87,9%.  Karena  sudah  memenuhi indikator keberhasilan bahkan sampai melebihi dari nilai yang peneliti targetkan, maka penelitian ini dihentikan pada siklus III.

Simpulan  yang  dapat  diambil  adalah  bahwa  melalui  alat  peraga  benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pecahan pada kelas III  SD  Negeri  Bulakpacing  02  semester  I  Kecamatan  Dukuhwaru  Kabupaten Tegal  tahun  pelajaran  2005/2006  dengan  tingkat  partisipasi  siswa  yang  cukup menggembirakan  serta  memacu  guru  untuk  lebih  kreatif  dan  inovatif  dalam mengembangkan model pembelajaran.

Untuk  membantu  mengungkap  dan  menjelaskan  materi  pecahan  pada siswa kelas III agar memiliki pengetahuan dasar yang kuat khususnya pada materi pecahan  ini,  disarankan  untuk  menggunakan  bantuan  alat  peraga  benda  konkret dalam  menanamkan konsep-konsep  pecahan.  Hal  ini  disesuaikan  dengan  tingkat pemikiran dan usia siswa kelas III yang masih dalam tahap realistik (tahap nyata) dan  belum  dapat  memahami  hal-hal  yang  abstrak.  Sehingga  materi  dapat  lebih mudah dipahami oleh siswa.

DAFTARPUSTAKA

Ahmad,  Djauzak.  1996.  Petunjuk  Peningkatan  Mutu  Pendidikan  di  Sekolah Dasar.Jakarta: Depdikbud.

Alwi, Hasan, dkk. 2005. KamusBesarBahasaIndonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdikbud. 1994. KurikulumPendidikanDasar. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud.  2000.  Pedoman  Pembuatan  dan  Penggunaan  Alat  Peraga/Praktik Sederhana  Mata  Pelajaran  matematika  Untuk  Sekolah  Dasar.  Bandung: CV. Tidar.

Long, Lynette. 2001. FabulousFractions.Canada: John Wiley & Sons,Inc. Nasution. 1982. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung: Janmer.

Sudjana,  Nana.  1989.  CBSA  Dalam  Proses  Belajar  Mengajar.  Bandung:  Sinar Baru.

Sugiarto.  2005.  Matematika  Sekolah  II.  Semarang:  FMIPA  Universitas  Negeri Semarang.

Sugiarto  dan  Isti  Hidayah.  2004.  Workshop  Pendidikan  Matematika.  Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sukahar dan dwi Juniati. 2004. Matematika3.Jakarta: Balai Pustaka.

Suyitno,  Amin.  2004.  Matematika  Sekolah  I.  Semarang:  FMIPA  Universitas Negeri Semarang.

Suyitno,  Amin.  2005.  Pendidikan  Matematika  I.  Semarang:  FMIPA  Universitas Negeri Semarang.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s