TESIS MANAJEMEN PENDIDIKAN (PENGARUH SUPERVISI, MOTIVASI, DAN BIMBINGAN TERHADAP KINERJA GURU)


PENGARUH SUPERVISI, MOTIVASI, DAN BIMBINGAN TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI KEBAK KRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR

ABSTRAKSI

PENGARUH SUPERVISI, MOTIVASI, DAN BIMBINGAN TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI KEBAK KRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR, Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Surakarta, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara : 1) Supervisi dengan kinerja guru, 2) Motivasi dengan kinerja guru, 3) Bimbingan terhadap kinerja guru, 4) Supervisi, Motivasi, dan Bimbingan terhadap Kinerja guru di SMA Kebakramat Kabupaten Karanganyar.

Populasi guru di SMA Kebakramat Kabupaten Karanganyar tahun 2009 sejumlah 52 orang. Sampel diambil sebanyak 52. Teknik pengumpulan data dengan angket melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik.

Hasil analisis diperoleh 1) Angket variabel supervisi valid, angket variabel motivasi valid, angket variabel bimbingan valid. Hasil uji reliabelitas adalah reliabel, 2) Uji multikolinearitas lolos uji, uji heterokedastisitas lolos uji, uji autokorelasi lolos uji, serta uji normalitas lolos uji.

Hasil analisis menujukkan : 1) Persamaan Y = 0,224 + 0,545 X1 + 0,036 X+ 0,052 X3; 2) Uji t variabel supervisi nilai signifikansi < dari 0,05 sehingga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru; t variabel motivasi nilai tidak signifikan > dari 0,05; t variabel bimbingan nilai tidak signifikan > dari 0,05, sehingga variabel motivasi dan bimbingan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Uji F nilai signifikansinya < 0,05 berarti signifikan. Uji determinasi R2 = 0,886; berarti besarnya sumbangan pengaruh supervisi, motivasi dan bimbingan terhadap kinerja guru sebesar 88,6 % selebihnya dipengaruhi variabel lain.

Kesimpulan hasil penelitian : 1) Hipotesis yang meyatakan ”ada pengaruh yang signifikan supervisi terhadap kinerja guru” teruji kebenarannya, 2) Hipotesis yang meyatakan ”ada pengaruh yang signifikan motivasi terhadap kinerja guru” tidak teruji kebenarannya. 3) Hipotesis yang meyatakan ”ada pengaruh yang signifikan bimbingan terhadap kinerja guru” tidak teruji kebenarannya. 4) Hipotesis yang menyatakan ”ada pengaruh supervisi, motivasi, dan bimbingan secara simultan yang signifikan terhadap kinerja guru” teruji kebenarannya. 5) Hipotesis yang menyatakan ”supervisi merupakan variabel paling dominan terhadap kinerja guru” teruji kebenarannya.

Kata kunci : Supervisi, Motivasi, Bimbingan, dan Kinerja.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s