TESIS MAGISTER MANAJEMEN (ANALISIS FAKTOR KARAKTERISTIK KERJA, SITUASI KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDUAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI)


ANALISIS FAKTOR KARAKTERISTIK KERJA, SITUASI KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDUAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA LINGKUNGAN KANTOR KECAMATAN JEBRES SURAKARTA

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor-faktor motivasi yang berupa Karakteristik kerja, Situasi kerja dan Karakteristik Individual terhadap Kinerja pegawai pada Lingkungan Kantor Kecamatan Jebres Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah para pegawai pada Lingkungan Kantor Kecamatan Jebres Surakarta. Data yang dipergunakan adalah data primer dengan cara mengirimkan kuesioner kepada pegawai sebagai sampel. Untuk mengetahui pengaruh variabel Independen terhadap variabbel dependennya, alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Karakteristik kerja, Situasi kerja dan Karakrteristik Individual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai di Lingkungan Kantor Kecamatan Jebres Surakarta. Koefisien parameternya mempunyai arah positif artinya usaha peningkatan Karakteristik kerja, Situasi kerja dan Karakteristik Individual dapat menaikkan kinerja pegawai. Nilai probabilitas F menunjukkan hasil yang signifikan.

Dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya, hasil penelitian mi ada kemungkinan berbeda karena ada perbedaan variabel-variabel independen yang digunakan. Pada penelitian yang selanjudnya diharapkan dapat dikembangkan secara meluas dan area yang lebih besar lagi.

Kata kunci : Kinerja pegawai, peningkatan Karakteristik kerja, Situasi kerja, Karakteristik Individual, Regresi Linier Berganda.

DAFTAR PUSTAKA

Arief, Sritua, 1992. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi, Ghalia, Jakarta Damodar Gujarati. (1995). Ekonometrika Dasar. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Drucker, Peter, 1985, Inovation and Entrepreneurship, (Alih bahasa oleh Rusydi Naib), Erlangga, Jakarta.

Edwin Flippo, 1976, Personal Management, Edisi ke lima, Mc. Grow Hill Inc, Singapore.

Frederick Herzverg, 1966. Motivation in Work, Harvard Business Review.

Heidjrachman Ranupandojo dan Suad Husnan, Manajemen Personalia, Bagian Satu, BPFE UGM, Yogyakarta, 1990.

J. Ravianto, 1985, Productivitas dan Manusia Indonesia, Lembaga SIUP, Jakarta John Soeprihanto, 1984, Manajemen Personalia, BPFE, Yogyakarta. Koeswara, Motivasi, Teori dan Penelitian, Angkasa, Bandung, 1989.

Manullang, Manajemen Personalia, Cetakan Ketiga, Aksara Baru, Yogyakarta, 1972.

Riyanto, Produktivitas dan Mutu Kehidupan Seri Produktivitas I, 1985.

Saiffudin Azwar, Reabilitas dan Validitas, Interprestasi, dan Komputasi, Liberti, Yogyakarta, 1986.

Siagian, Sondang P, Teori Motivasi dan Aplikassinya, Bina Aksara, Jakarta, 1989.

Sukanto Resohadiprojo, M Com Phd dam Drs. T. Hani Handoko, Organisasi Instansi, Teori, Struktur dan Perilaku, BPFE, Yogyakarta, 1988.

Sutrisno Hadi, Analisa Regresi, Andi Offset, Cetakan Ketiga, 1985. Sutrino Hadi, 1993. Metodologi Research. Andi Offset. Yogyakarta.

Steers, Richard, 1980, Efektivitas Organisasi Kaidah Tingkah Laku, Alih Bahasa Magdalena Jamin, Erlangga, Jakarta.

T. Hani Handoko, Manajemen, BPFE, Yogyakarta, 1985.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s