PTK SD IPS AKS (UPAYA PERBAIKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) PADA SISWA KELAS IV)


UPAYA PERBAIKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II DI MI MANGGUNG KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ABSTRAK

_____________, 030709002017. Upaya Perbaikan Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan AKS (active knowledge sharing) Pada Siswa Kelas IV Semester II di MI Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi, Program Dual Mode System, Fakultas tarbiyah UIN Sunan Kalijaga pada LPTK Mitra STAIN Surakarta, November 2011.

Kata Kunci: pembelajaran, IPS, pendekatan, AKS

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya respon dari sekolah terhadap kondisi belum baiknya prestasi belajar siswa kelas IV dibidang IPS yang dilihat dari aspek nilai rata-rata kelas serta ketuntasan belajar siswa. Kondisi ini menuntut MI Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali untuk mengejar kualitas dalam rangka meningkatkan daya saing sekolah, melalui pengembangan strategi pembelajaran AKS.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPS Kelas IV Semester II diperbaiki dengan pendekatan AKS, (2) Tingkat efektivitas proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan dengan pendekatan AKS.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan II. Pelaksanaan penelitian adalah pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011, dengan teknik analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran IPS yang selama ini dilaksanakan secara konfensional dapat diperbaiki dengan AKS. Perbaikan dalam AKS mencakup perbaikan motivasi belajar siswa, perbaikan kemandirian siswa dalam belajar, perbaikan keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar, perbaikan pembentukan kerja sama dalam belajar, dan perbaikan susasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. (2) Pembelajaran AKS terbukti efektif, yang terlihat dari tingginya aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, tidak adanya siswa yang memiliki prestasi rendah akibat terjadi transformasi pengetahuan dan pengalaman dari dua arah yaitu dari siswa kepada siswa dan dari guru kepada siswa, serta tingginya peningkatan prestasi belajar siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.

AH. Akhdianto dan Apriella Sayogyani. 2010. Metode Penelitian Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmad Hermawan. 2008. Pengembangan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Allen, E. E. (1995). Active learning and teaching: Improving post-secondary library instruction. Reference Librarian, no. 51/52.

Anderson, Bloom, 1994.  Social knowledge. Diterjemahkan oleh Hanafi. Jakarta: Gramedia

Aris Purwanto. 2010. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowlegde Sharing pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Tesis S2. (Studi kasus di SMP Al Islam Kalijambe). Yogyakarta: UNY

Asbullah Hanafi. 2006. Problematikan Pendidikan Nasional Indonesia dan Gagasan Berbasis Syariah. Jurnal Educationist No III Vol I Edisi Maret, 2006. ISBN 12878-6555

Badri Rhofiki. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di SDN Ardisaeng 1 Bondowoso. Online: http://digilib.sunan-ampel.ac. id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain–badrirhofi-8237/ diakses tanggal 05 Mei 2010

Bonwell, C. C. and Eison, J. A. (1991). Active learning: Creating excitement in the classroom. Washington, DC: George Washington University.

Branscomb, H. (1940). Teaching with books: A study of college libraries. Chicago: American Library Association and Association of American Colleges.

BSNP, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Dabbour, K. S. (1997). Applying active learning methods to the design of library instruction for a freshman seminar. College & research libraries, 58 (July), pp. 299-308.

Depag, 2005. Al-Qur’an dan Terjemah. Semarang: Aneka Ilmu

Enok Maryani. 2010. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Journal of Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI. Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : Remaja Rosda Karya), 2008, hlm. 95

E. Mulyasa, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

H.A. Tilaar. 2004. Manifesto Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Buku Kompas

Hendrawati Maryani. 2010. Pendekatan Jigsaw untuk Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Educationist No II Vol. 11, Januari 2010.

Hisyam Zaini. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga

Hisyam Zaini. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga

Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press

Mhrizal Defli. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Rahardjo Samadhi. 2007. Psikologi Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto, 1999. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syaiful Sagala, 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sjamsuddin, H dan Maryani, E, 2008. “Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial” . Makalah pada Seminar Nasional, Makasar.

Sutaryo.2008. Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Bondowoso: KGPAI Kabupaten Bondowoso

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas

UNDP, 2007. Laporan Pencapaian Millenium Goals Indonesia. Jakarta: BPPN

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Yi, Gloria. 2008. Beyond Sharing : Engaging Students in Cooperative and Competitive Active Learning. International Journal of Educational Technology and Society Vol. 11 (3)

Yudhi Munadi. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan baru. 2010. Jakarta: Gaung Persada Press

Yusnita Anggraeni. 2008. Pelaksanaan Pembelajaran Active Learning pada Siswa KelasX Program Akselerasi SMA Negeri 1 Surakarta. Tesis S2. Surakarta: UNS.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s