PTS (MENINGKATKAN PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN MANAJEMEN KINERJA KLINIS)


MENINGKATKAN PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN MANAJEMEN KINERJA KLINIS PADA SMK BINAAN KEPENGAWASAN KOTAMADYA JAKARTA BARAT

ABSTRAK

___________, 2007.     Peningkatan Profesionalisme Kepala Sekolah Melalui Pengembangan Manajemen Kinerja Klinis Pada SMK Binaan Kepengawasan Kotamadya Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Kata Kunci : PMKK, Profesionalisme

Pada hakekatnya pembelajaran dalam suatu sekolah merupakan proses pelayanan professional yang diberikan oleh kepala sekolah dan guru kepada siswa berdasarkan kaidah-kaidah yang ada. Pengembangan Manajemen Kinerja Klinis (PMKK) kepala sekolah merupakan salah satu upaya peningkatan kemampuan manajerial dan profesionalisme kepala sekolah dalam memberikan pelayanan pendidikan dan sekolah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai permasalahan pendidikan seperti rendahnya profesionalisme guru dan kepala sekolah serta rendahnya  prestasi belajar yang dicapai siswa. Selain itu berdasarkan data yang ada menunjukkan bahwa sebagian besar kepala SMK di daerah binaan paket kepengawasan Kotamadya Jakarta Barat masih berkategori rendah dalam hal kemampuan dan sikap profesionalismenya.

Masalah ini merupakan masalah yang serius yang harus segera ditangani, sebab kalau tidak akan berdampak fatal, misalnya mutu pembelajaran merosot dan hilangnya sikap professional guru. Oleh karena itu peneliti menawarkan suatu cara pemecahan masalah melalui Pengembangan Manajemen Kinerja Klinis (PMKK). Ditenggarai dengan adanya Pengembangan Manajerial Kinerja Klinis (PMKK) maka kemampuan kepala sekolah dalam hal pengelolaan secara operasional dan efisien terhadap komponen-komponen yang berkaitan dengan sekolah akan meningkat sehingga menghasilkan nilai tambah terhadap komponen tersebut menurut norma standar yang berlaku.

Diharapkan dengan diterapkannya Pengembangan Manajerial Kinerja Klinis bagi kepala sekolah maka minimal 85% kepala sekolah memiliki tingkat profesionalisme dalam kategori tinggi.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklusnya melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendiskripsikan peranan Pengembangan Manajemen Kinerja Klinis dalam upaya meningkatkan kemampuan dan sikap professional kepala sekolah SMK. 2) Sebagai indicator bagi Pengawas sekolah dan Pembina sekolah lainnya dalam melaksanakan tugasnya melakukan supervise kepala sekolah selaku manajer lini pertama di sekolah agar dapat meningkatkan sikap dan kemampuan profesionalnya dalam mengelola profesionalisme guru yang menjadi binaannya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada silkus I mean skor hanya 115 profesionalisme kepala sekolah dalam kategori rendah, siklus II mean skor 148,5 dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus III pada ketegori tinggi dengan mean skor 163,5.

Hal ini dapat diartikan bahwa Pengembangan Manajemen Kinerja Klinis (PMKK) dapat meningkatkan profesionalisme kepala sekolah khususnya kepala SMK di daerah binaan paket kepengawasan di Kotamadya Jakarta Barat.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsini. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Dirjend. DIkdasmen. 1995. Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta.

Dirjend. Dikdasmen. 1996. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta.

Iskandar, Srini. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Malang. Universitas Negeri Malang.

Riduwan. 2002. Skala Pengukuran Varibel-variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta

Sale. D. 1996. Quality Assurance for Nurses and Other Members of The Health Care Team. And Ed. London. Mac. Millian.

Swanburg, A.C. 1996. Management and Leadership for Nurses Manages. Jones and Bartlett Publishers International. London. England.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s