PTK SMA KIMIA (MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN MODEL TGT)


PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN MELALUI PEMBELAJARAN     KOOPERATIF   MODEL    TGT DENGAN MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT  (CET) DI KELAS XI-IPA4 SMA NEGERI 101 JAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 SEMESTER II

ABSTRAK

Asmanah. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Chemo-Edutainment (CET) Di Kelas XI-IPA4 SMA Negeri 101 Jakarta Tahun Ajaran 2008/2009 Semester II.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Media Chemo-Edutainment (CET).

Siswa SMA Negeri 101 Jakarta khususnya kelas XI-IPA4, pada ulangan Semester I hanya mencapai ketuntasan belajar kimia sebesar 37,50%. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 101 Jakarta setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Chemo-edutainment (CET). Komponen dalam model TGT meliputi penyajian materi, tim, game, turnamen dan penghargaan kelompok. Media CET yang digunakan berupa macromedia flash dan kartu soal kimia.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun fokus dalam penelitian adalah hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes akhir siklus dan kuisioner. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 70,29, pada siklus II adalah 85,08 dan pada siklus III adalah 85,60. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 75,00 %, pada siklus II naik menjadi 97,92 % dan pada siklus III tetap 97,92 %. Rata-rata nilai afektif siswa mengalami peningkatan yaitu 74,38 % pada siklus I naik menjadi 80,31 % pada siklus II dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 90,99 %. Rata-rata nilai psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan yaitu 88,23 % pada siklus I naik menjadi 91,15 % pada siklus II dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 96,98 %.

Simpulan penelitian adalah model pembelajaran TGT dengan media CET dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diberikan adalah model TGT dengan media CET dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu variasi dalam pembelajaran, karena membuatsiswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan semangat belajar siswa, dan membuat pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

______, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.

Heri. 2007. Belajar dan Motivasinya.http://heritl.blogspot.com.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA University press.

Kumaat, 2007. CAI:media pembelajaran kontekstual berbasis informasi teknologi.http//jchkumaat.wordpress.com.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Purba, Michael. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning – Theory, Research, and Practise. Boston: Allyn and Bacon.

______,2009. Cooperative Learning – Teori, Riset dan Praktik (Terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Sudarmo, Unggul. 2007. Kimia Untuk SMA Kelas XI. Surakarta: PHiETA.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sunardi. 2008. Kimia Bilingual untuk SMA/MA kelas XI Semester 1 dan 2. Bandung: CV. Yrama Widya.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s