SKRIPSI PENDIDIKAN (Bimbingan Kelompok Belajar Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar)


PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BELAJAR DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SEMESTER I SMP NEGERI 4 MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010.

ABSTRAK

JOKO SANTOSO, NIM.0851500088, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Skripsi : PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BELAJAR DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SEMESTER I SMP NEGERI 4 MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok belajar dan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas IX Semester I SMP Negeri 4 Mojosongo Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009/2010.

Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif asosiatif dengan populasinya siswa kelas IX SMP Negeri 4 Mojosongo Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 212 siswa, sedang sampel yang diambil sebanyak 40 siswa dengan teknik random sampling.

Teknik pengambilan data dengan menggunakan metode angkat untuk mengetahui tingkat bimbingan kelompok belajar dan bimbingan orang tua serta metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar matematika.

Dari hasil analisis satu prediktor untuk hipotesis pertama diperoleh harga Fhitung  = 97,123 lebih besar dari Ftabel (0,05) = 4,10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga Fhitung  signifikan, yang artinya bimbingan kelompok belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Adapun besarnya hubungan bimbingan kelompok belajar terhadap prestasi belajar Matematika diperoleh rxy = 0,848. Untuk hipotesis kedua diperoleh harga Fhitung = 6,866 lebih besar dari Ftabel (0,05)  = 4,10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga Fhitung siginifikan, yang artinya bimbingan orag tua berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Adapun besarnya hubungan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar matematika diperoleh  rx2y = 0,931. Untuk penelitian dua prediktor X1 dan X2 dengan Y digunakan uji analisis regresi berganda. Dari hasil perhitungan diperoleh Freg  = 154,49 > dari harga Ftabel (),05) = 4,10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Freg signifikan, yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok belajar dan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar matematika.

Harga Freg  = 154,49 dan harga r2 = 0,893. Persamaan garis regresi  Y = 0,047X1 + 0,123X2 = 0,59. Dari analisis juga diketahui SE% X1 = 23,0683% bahwa variabel bimbingan kelompok belajar memiliki pengaruh lebih kecil dibandingkan variabel bimbingan orang tua SE%X2 = 66,2889%.

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Nasbin Ulwan (1990), Pedoman Pendidikan Anak Jilid I, Jakarta, Penerbit Ash-Syifa’

Anonim (2008). Konsep Pembelajaran. http://www.geocities.com

Benjamin Spock. 1991. Orang Tua Permasalahan dan Upaya Mengatasinya. Semarang: Dahara Priz

Chasiyah (1990), Sekilas Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan, Surabaya : Tiga Lima.

Caray, 2008. Konsep Bimbingan Belajar,______

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1994), Petunjuk Kurikulum, Jakarta : Depdikbud RI.

Enco Mulyasa (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda

F. Hasan .1991. Dimensi Budaya dan Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka.

H.A. Syamsudin Makmun (2005), Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ign. Masidjo (1995). Penilaian Pencapaian Hasil belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Kartini Kartono (1992). Peranan Keluarga Memandu Anak. Jakarta : Rajawali Pers.

Kawoem, (2009). Sejarah Ilmu Matematika. http://www.acehforum.ot.id

Maria Etty, (2003). Menyiapkan Masa Depan Anak. Jakarta. Grasindo

Maryana dan Soedarinah (1991). Pengelolaan Kelas Interaksi Pembelajaran Matematika. Surakarta : Depdikbud RI. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

M. Ngalim Purwanto (1990). Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muhammad Ali (1992). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Oemar Hamalik (1990).. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi aksara

Prayitno (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar Dan Profil.
Jakarta : Ghalia Indonesia.

Prayitno dan Erman Amti.1999. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Depdikbud: Rineka Cipta.

Steel, R.G.D dan Torrie, J.H.,_______ Prinsip dan Prosedur Statistika. Jakarta: Gramedia

Sugiyono (1999), Statistika Penelitian, Bandung : CV. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana (1991), Teknik Analisa Regresi dan Korelasi. Bandung : Tarsito.

Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan
Konseling di Sekolah
. Jakarta : Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi (2000), Analisis Regresi, Yogyakarta : Andi

Syah, Muhibbin, 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Tampubolon (1991). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung: Angkasa

Winkel,WS. 1991. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : PT. Grasindo.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s