SKRIPSI PENDIDIKAN (Hubungan Tingkat Kecerdasan, Motivasi Berprestasi, Dan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar)


HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KEBIASAAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEMESTER 1 KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

ABSTRAK

Mulyani. Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan, Motivasi berprestasi, dan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Semester 1 Kelas XI IPA A SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Skripsi S1, Program studi Matematika-PMIPA-FKIP-UNIB. Pembimbing (I) Drs. Rusdi, M.Pd., Pembimbing (II) Dra. Sri Saparahayuningsih, M.Pd.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar matematika (2) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika (3) Untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika (4) Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecerdasan, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI IPA A SMA Negeri 6 kota Bengkulu. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif sehingga data dianalisa untuk mendeskripsikan hubungan antara tingkat kecerdasan, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa. Instrumen pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket, dan dianalisa menggunakan regresi dan korelasi linier sederhana, serta regresi dan korelasi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara : (1) tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar matematika siswa, (2) motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika siswa, (3) kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa (4) tingkat kecerdasan, motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aini, Mardiatul. 2001. Hubungan Antara Sikap dan Kebiasaan Belajar Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika siswa kelas II di Sltp N 3 Arga Makmur. Skripsi FKIP. UNIB.

Anonim. 2006. Intelegensi dan IQ. http://kentaks.blogspirit.com/archive/2006/03/ 04/intelegensi-dan-iq.html

Anonim. 2006. Teori Maslow. http//tuan mat.tripod.com/teorimaslow.html

Anonim. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Bandung: Citra Umbara.

Arikunto, S. 1999. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

________________. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asih, Nur. 2002. Pengaruh Tingkat kecemasan dan motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Skripsi FKIP UNIB.

Azwar, Saifuddin. 2004. Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata pelajaran matematika. Jakarta.

Dimyati, Mudjiono. 1989. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati. 2003. Hubungan Minat dan Keiasaan Belajar Matematika Siswa. Skripsi FKIP UNIB.

Hamalik, O. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Marlia. 2005. Analisis Kebiasaan Belajar Matematika Siswa. Skripsi FKIP UNIB.

Marsudi, Mut. 2005. Hubungan Antara Kecerdasan, Kepribadian, dan Bakat Fisika terhadap prestasi Belajar Siswa Kelas I SMAN 4 Kota Bengkulu. Skripsi FKIP UNIB.

Mudzakir, Achmad dan Joko Sutrisno. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Prayitno dan Erman Anti. 1994. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Depdikbud.

Riva’i, Veithzal. H. 2000. Hasil Belajar Matematika Ekonomi Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Tanggerang: Laporan penelitian FE Universitas Jayabaya. http://www.depdiknas.go.id/jurnal/31.

Sardiman. 1987. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 1995. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. R. 2000. Kiat-kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Depdiknas: Jakarta.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana. 1994. Dasar-dasar Penelitian pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

____________. 2002. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito.

Sujanto, Agus. 1995. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Sutinah, Tin. 2002. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil belajar Mahasiswa Program Studi pendidikan Fisiska FKIP UNIB.Skripsi FKIP UNIB.

Syaeckhoni. 2005. Hubungan Minat dan strategi belajar Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SMP N 11 Kota Bengkulu Tahun pelajaran  2005 – 2006. Skripsi FKIP UNIB.

Widayatun, Tri Rusmi. 1999. Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s