SKRIPSI PENDIDIKAN (Bimbingan Dan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar)


HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SEGUGUS GAJAH MADA KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005.

ABSTRAK

Samijan. HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SEGUGUS GAJAH MADA KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi, Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2005.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signitikansi hubungan antara (1) bimbingan dengan prestasi belajar matematika, (2) kebiasaan dengan prestasi belajar matematika, (3) bimbingan dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SD segugus Gajahmda Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005, sejumlah 224 siswa. Sampel diambil dengan teknik proposional random sampling sejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data variabel bimbingan belajar dan kebiasaan belajar digunakan kuesioner, sedangkan variabel prestasi belajar mata pelajaran matematika digunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi ganda dan korelasi sederhana Product Moment.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) ada hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran matematika (rXIY > rtabel 0,672 > 0,388 pada taraf signifikansi (5%), (2) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran matematika (rX2Y > rtabel = 0,782 > 0,388 pada taraf signifikansi (5%), dan (3) ada hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran matematika (Fo > Ft = 15,725 > 3,42 pada taraf signifikansi (5%).

DAFTAR PUSTAKA

Alhusin, Syahri. 2001. Aplikasi  Startstik dengan STSS 9. Jakarta : Elex Media Komputindo Gramdia

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993. Garis-Garis Bentuk Program Pengajaran. Jakarta : Dirjen Pendasmen Direktorat Menengah Umum.

_________ 1994. Petunjuk pelaksanaan Penilaian. Jakarta: Dirjen Pendidikan Menengah Umum.

Dewa Ketut, Sukardi 1993. Proses Bimbingan dan Penyuluhan. Jakarta : Rineka Cipta.

Djauzak Ahmad. 1993. Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar. Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Erman Superman, dkk. 2001.Strategi Pembelajaran Komtemporer. Bandung JICA

Graha Mars. 2002. Kebiasaan Belajar  Http://www/mars-e.com/x-col-37 (11 September 2002)

Jewler, A.J.      dan Gardner, J.N.        2000. Key to college Succes. http://www.swt.edu/slac/StSkillid/ky2suces (19,Oktober 2002)

Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia . Surabaya : Kartika

M. Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Remaja Rosdakarva.

Martensi KDJ dan Mungin Edy Wibowo. 1980. Identifikasi Kesulitan Belajar  Semarang : Yayasan Penerbit FIP-IKIP Semarang

Nasrun. 1974. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Meichati, Siti. 1979. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta Yayasan Penerbitan FIP-IKIP.

Nasrun Harahab. 1982. Tehnik Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Bulan Bintang

Prayitno. 1999. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

Sardiman, 1990.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta Rajawali

Slameto, 1995. Belajar dan factor-Faktor Yang Mempengaruhi Jakarta Rineka Cipta.

Sudjana, 2002. Metode  Statitiska. Bandung : Tarsito

Suharsimi Arikunto. 1997. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

____________ . 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Suhito. 2001. Hand Out Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: F MIPA UNES

Sumarwiyah. 2003. Pengaruh Pemanfaatan Layanan Bimbingan Belajar terhadap Kebiasaan Belajur dan Prestasi Belajar. Thesis tidak diterbitkan. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Susilo Rahardjo, 1998. Pendekatan dan Teknik Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Kudus : UMK

Sutrisno Hadi. 1990. Methodologi Research I, II, III. Yogyakarta : YPFP UGM

Winkel, WS. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s