SKRIPSI HUKUM (Peran Mediator Dalam Menyelesaikan Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja)


PERAN MEDIATOR DALAM MENYELESAIKAN PERSELISIHAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA DI KABUPATEN SUKOHARJO

ABSTRAK

Surya Sri Wulandari. 2008. PERAN MEDIATOR DALAM MENYELESAIKAN PERSELISIHAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA DI KABUPATEN SUKOHARJO. Fakultas Hukum UNS.

Penulis merumuskan masalah-masalah dalam penelitian ini  sebagai berikut : Bagaimana peran mediator dalam memfasilitasi perselisihan tentang pemutusan hubungan kerja di Kabupaten Sukoharjo ? dan Bagaimana tugas dan fungsi mediator dalam memfasilitasi perselisihan hubungan industrial di Kabupaten Sukoharjo? sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran mediator dalam memfasilitasi perselisihan tentang pemutusan hubungan kerja di Kabupaten Sukoharjo dan untuk mengetahui tugas dan fungsi mediator dalam memfasilitasi perselisihan hubungan industrial di Kabupaten Sukoharjo.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum empirik yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer merupakan data utama dalam penelitian ini sedangkan data sekunder digunakan untuk mendukung data primer. Cara memperoleh data adalah dengan cara membaca dan mempelajari obyek penelitian lalu mencatat hal-hal yang penting sehingga data dapat terkumpul. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara.

Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan dengan menganalisa data-data, keterangan dan penjelasan yang penulis peroleh maka dapat disimpulkan sebagai berikut Peran mediator dalam memfasilitasi perselisihan tentang pemutusan hubungan kerja di Kabupaten Sukoharjo adalah adanya perselisihan antara pihak pengusaha dengan pihak pekerja menyebabkan kasus tersebut diajukan ke Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Sukoharjo sehingga diangkat mediator sebagai penengah perselisihan tersebut. Peranan mediator dalam kasus perselisihan pemutusan hubungan kerja adalah sebagai pendamai yaitu apabila ia telah dengan resmi menerima pemberitahuan dari salah satu pihak-pihak yang berselisih dan dengan resmi mempertemukan pihak-pihak yang bersangkutan dan membawa mereka kepada permusyawaratan untuk mencapai mufakat yang kemudian akan dituangkan ke dalam suatu persetujuan bersama yang ditandatangani oleh pihak-pihak yang berselisih. Tugas dan fungsi mediator dalam memfasilitasi perselisihan hubungan industrial di Kabupaten Sukoharjo sesuai dengan Pasal 8 ayat (1) Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Kep-92/Men/VI/2004 : Menerima surat pengaduan, membuat surat undangan, membuat daftar hadir, memberikan mediasi.

DAFTAR PUSTAKA

Darwan Prinst. 2000. Hukum Ketenagakerjaan. Bandung : PT Citra Aditya Bakti.

FX. Djumialdji. Wihono Sorjono. 1987. Perjanjian Perburuhan dan Hubungan Perburuhan Pancasila. Jakarta : Bina Aksara.

HB, Sutopo. 2002. Metode Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Press.

Imam Soepomo.1994.  Hukum Perburuhan Bidang Hubungan Kerja. Jakarta : Djambatan.

Imam Soepomo.1999. Pengantar Hukum Perburuhan. Jakarta : Djambatan.

Lalu Husni. 2005. Penyelesaian Hubungan Industrial Melalui Pengadilan dan Di Luar Pengadilan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

M. Yahya Harahap.1996. Hukum Perjanjian. Jakarta : Citra Aditya Bakti

Poerwadarminta. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

R. Subekti dan R. Tjitrosudibyo. 1995. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Jakarta : Pradnya Paramita.

Sehat Damanik. 2005. Hukum Acara Perburuhan. Jakarta : Dss Publising

Sendjun H Manulang.1995. Pokok-Pokok Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Soerjono Soekamto. 2004. Metode Penelitian Hukum. Jakarta : UI Press.

Subekti. 2005.  Kamus Istilah Hukum. Jakarta : Pramudya Paramita.

Sudikno Mertokusumo. 1999. Mengenal Hukum (suatu pengantar). Yogyakarta : Liberty

Suyud Margono, S.H. 2004. ADR Alternative Dispute Resolution & Arbitrase Proses Pelembagaan dan Aspek Hukum. Bogor : Ghalia Indonesia

Zainal Asikin, 1994. Dasar-Dasar Hukum Perburuhan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s