PTK SMA SEJARAH (PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN PEMBERIAN TUGAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH PADA MATERI POKOK PERKEMBANGAN MUTAKHIR SEJARAH DUNIA)


PENGGUNAAN  METODE  DISKUSI  KELOMPOK  DAN  PEMBERIAN TUGAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI   BELAJAR SEJARAH PADA MATERI POKOK PERKEMBANGAN MUTAKHIR SEJARAH DUNIA BAGI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 NGUTER SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dan pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah pada Materi Pokok Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia bagi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Nguter Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009.

Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Nguter Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yaitu bulan Pebruari 2009 sampai dengan Maret 2009 Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Nguter Sukoharjo pada kelas XII IPS Tahun Pelajaran 2008/2009. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 (dua) siklus.

Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas: Pada pra siklus siswa yang tuntas adalah 13 dari 40 siswa atau 32,5% dan siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran adalah 27 dari 40 siswa atau 67,5%. Penguasaan materi Sejarah sesudah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus I: Siswa yang tuntas adalah 31 dari 40 siswa atau 77,5% dan siswa yang tidak tuntas adalah 9 dari 40 siswa atau 22,5%. Pada siklus II Siswa yang tuntas sebanyak 37 atau 92,5% dan siswa yang tidak tuntas adalah 11 atau 7,5%, sehingga ketuntasan 92,5% > 7,5%. Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis tindakan yang mengatakan “Dengan metode diskusi dan pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah pada Materi Pokok Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia  pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Nguter Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009”, terbukti kebenarannya.

DAFTAR PUSTAKA

Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya

Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.

Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali

Hasibuan, J.J. Drs. Dip. Ed dan Moedjiono, Drs., 2000, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Herman Hudojo, 1990. Strategi Mengajar Belajar Sejarah. Malang : IKIP Malang.

Kusmana Pachrudin, E., Drs., 1985, Proses Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP Bandung.

Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung PErsada Pres.

Moedjiono dan Dimyati, Moh. , 1991, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.

Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi, dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar. Surakarta :  UNS Press.

Siti Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Sejarah. Solo : Sindhunata

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan,

Sriyono, Drs., dkk., 1992, Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.

UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winkel. W.S 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia

Untuk memesan/mendapatkan file lengkap silahkan hubungi via Telfon/sms ke HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s