PTK SMA AKUNTANSI (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DENGAN METODE RESITASI MELALUI BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (STUDENT WORK SHEET) PADA SISWA KELAS XI)


PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DENGAN METODE RESITASI MELALUI BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (STUDENT WORK SHEET) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU

ABSTRAK

___________. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu.

Kata-kata kunci           : Prestasi Belajar Akuntansi, Metode Resitasi, LKS

Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi  di SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu tergolong masih rendah. Hal tersebut diantaranya disebabkan model pembelajaran yang selama ini diterapkan kurang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran akuntansi di SMA jika hanya disampaikan melalui ceramah akan sulit diterima oleh siswa dan membosankan. Dalam hal ini diperlukan oleh seorang guru untuk mempertimbangkan model pembelajaran lain yang efektif dan tepat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dicobakan melalui penelitian ini adalah metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet).

Pada dasarnya LKS sebagai model pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan guru agar siswa memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan mengekspresikan dirinya sebagai individu maupun kelompok. Kemampuan tersebut diperoleh siswa melalui pengalaman belajar sehingga memiliki kemampuan mengorganisir informasi yang ditemukan, membuat laporan dan menuliskan apa yang ada dalam pikirannya, dan selanjutnya dituangkan secara penuh dalam tugas-tugasnya.

Rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) ? (2) Apakah pembelajaran dengan metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) dapat meningkatkan prestasi belajar Akuntansi  pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu ?. Tujuan penelitian ini (1) Ingin mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan memakai metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet). (2) Ingin mengetahui pengaruh metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara peneliti memberikan tugas berupa penyelesaian suatu permasalahan secara berkelompok, dimana setiap kelompok punya tugas masing-masing, Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet), kemampuan siswa dalam menyampaikan materi di depan kelas dan belajar mandiri di rumah dapat ditingkatkan. Selain itu siswa menjadi lebih berani mengemukakan pendapat dan dapat menerapkan ilmu Akuntansi dalam kehidupan bermasyarakat. Variasi penerapan model pembelajaran ini dapat juga menghindari kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran akuntansi sehingga prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 66% menjadi 85,5 %. Berdasarkan penelitian bahwa prestasi belajar akuntansi yang diperoleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu nilai rata-ratanya meningkat pada siklus I yaitu 69 menjadi berkisar 85,5 pada siklus II.

Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) yang diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena itu peneliti menyarankan agar metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi di sekolah.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmed Belkaoui, 1993, Acconting Theory, ed. Ke-2, Harcourt Brace Jovanovich, Inc., Terjemahan. Jakarta : Erlangga

Arikunto Suharsimi., Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk: Guru. Bandung: Yrama Widya

Belverd e. Needlls, 1986. Financial Acconting, Houghton Mifflin Co., Jakarta : Erlangga.

Budimansyah, Dasim. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Bandung: PT. Genesindo

Eldon S. Hendriksen, Accounting Theory, ed. Ke-5, Richard D. Irwin, terjemahan, Jakarta : Erlangga

Fajar, Arnie. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fess & Warrn, 1999. AcontingEdisi ke-19  terjemahan, Jakarta : Erlangga

Hugiono dan PK. Poerwantana. 1993. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Rineka Cipta

Munib, Achmad, dkk. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES

Natawidjaja, Rochman dan L.J Moleong. 1985. Psikologi Pendidikan untuk SPG. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Poerwadarminta, WJS. 2002. Kamus Umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Rusoni Elin. 2001. Portofolio dan Paradigma Baru dalam Penilaian Matematika. http://www.depdiknas.go.id. (13 Februari 2007)

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Soedarno, dkk. 1998. Pendidikan Ilmu Sosial. Semarang: FPIPS IKIP Semarang

Soewarso. 2000. Cara-Cara Penyampaian Pendidikan Sejarah untuk Membangkitkan Minat Peserta Didik Mempelajari Sejarah Bangsanya. Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah: Jakarta

Suharya, Toto. 2007. http://www.duniaguru.com. (20 Agustus 2007)

Surapranata, Sumarna dan Muhammad Hatta. 2004. Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Tim Penyusun Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial SMP dan MTs.Jakarta: Depdiknas

Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setyawati. 1993.Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wiryohandoyo, Soedarno, dkk. 1998. Pendidikan Ilmu Sosial. Semarang: FPIPS IKIP Semarang

Winkel. 1991. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085 641 016 472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s