PTK SMA SEJARAH (PENERAPAN ENRICHMENT MODEL RENZULLI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH )


PENERAPAN ENRICHMENT MODEL RENZULLI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 3 BANDUNG)

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Penerapan Enrichment Model Renzulli sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 3 Bandung) “. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan pada observasi dalam pra penelitian di lapangan yang menunjukkan bahwa guru hanya menggunakan metode ceramah yang bersifat transfer of knowledges. Metode yang sedemikian rupa menyebabkan sebagian besar siswa tidak turut aktif dalam pembelajaran sejarah dan bahkan sebagian siswa melakukan berbagai kegiatan yang tidak berhubungan dengan pembelajaran sejarah. Adapun masalah yang lebih rinci adalah rendahnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran sejarah sedangkan mereka sendiri termasuk anak unggulan jika kita membandingkan dengan siswa di sekolah lain yang terdapat di Bandung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dalam penerapannya dilaksanakan dalam 3 siklus. Di mana tahapan yang dilaksanakan di lapangan adalah mulai dari perencanaan (plan), tindakan (act), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Bandung yang berjumlah 49 orang dengan 26 orang siswa perempuan dan 23 orang siswa laki-laki. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan guru, wawancara dan angket serta format observasi yang digunakan kolaborator pada saat pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Penerapan enrichment model Renzulli dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun model pembelajaran di kelas yang diutamakan adalah adanya penugasan siswa secara berkelompok untuk mengerjakan tugas di luar kelas. Penugasan ini merupakan perpaduan antara small group dan out of class assignment yang diterapkan untuk melaksanakan enrichment model Renzulli. Penugasan kelompok akan ditindaklanjuti dengan melihat sejauh mana siswa dan guru dapat memperdalam bahasan materi (secara vertikal)dan memperluas bahasan suatu materi (secara horizontal). Selain itu presentasi di depan kelas akan menunjukkan tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan. Aktif tidaknya setiap peserta didik akan memperlihatkan bahwa peserta didik tersebut turut ikut aktif dalam mengerjakan tugas kelompok disamping itu tugas kelompok dapat meningkatkan hubungan pertemanan di antara peserta didik. Adapun bentuk penugasan yang diberikan adalah dalam bentuk laporan dan sumber yang digunakan tidak terbatas pada buku teks.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan enrichment model Renzulli dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar tersebut dapat dilihat dari kualitas produk yang dihasilkan oleh siswa. Selain itu terdapat peningkatan keaktifan siswa dalam setiap siklus, peningkatan keaktifan juga diikuti oleh peningkatan ranah berpikir siswa. Dari penelitian yang sudah dilaksanakan maka didapatkan suatu bukti yang mengindikasikan supaya pendidik sudah seharusnya memperbaiki metode pembelajaran yang biasa yaitu metode ceramah yang sifatnya masih tradisional.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi .(1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rinneka Cipta

Ali, Muhammad.(1985). Peneliti Kependidikan. Prosedur don Strategic Bandung: Angkasa

Clark, Barbara. (1986). Growing Up Gifted: Developing The Potential Of Children at Home and at School, Columbus,OH : Meril.

Coleman, Laurance.J. (1985). Schooling The Gifted, USA : Addison-Wesley Publishing.

Drost, J.(2005).Z). Dari KBK Sampai MBS: Esai-Esai Pendidikan, Jakarta: Kompas

George,David.(1995). Gifted Education, Identification and Provision, London: David Fulton

Ivor,K.Davies.(1981). Instructional Technique, USA : McGraw-Hill,Inc

Ichrom,Sholeh.Y.A.(1988). Persepektif Pendidikan Anak Gifted. Sekolah Pengantar, Jakarta : DepDikBud

________________.(1996). Identifikasi dan Pendidikan  Dini Anak Berbakat,  Jakarta: DepDikBud

Margono.S.(2004). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rinneka Cipta

McLeod, John dan Arthur Cropley. (1989). Fostering Academic Excellence, Oxford : Pergaman Press Plc

Maleong, Lexy,J.(2007). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa,E.(2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung : Remaja Rosdakarya Offset

___.(2006) Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan menyenangkan, Bandung : Remaja Rosdakarya

Munandar, Utami.(l999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rinneka Cipta

Hasan, Hamid.(1996). Pendidikan limit Sosiall, Jakarta : DepDikBud

Robert, M.Gadne.at.al.(1992). Principlies of Instructional Design, USA: Harcourt Brace Jovanorich College Publisher

Semiawan, Conny.(1994). Persepekfif Pendidikan Anak Berbakat Jakarta: DepDikBud

Sudityo.(2002). Pergerakan Nasional Mencapai dan Mempertahankan Kemerdekaan, Jakarta : Asdimahastya

Sudjana.Nana dan Ibrahim.(2001). “Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung:Sinar Baru Algesindo

Sardiman,A.M.(2004). Interaksi dan Motivasi Mengajar Belajar, Bandung : Tarsito

Tim Pengembang MKDK.(2002). Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung : Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UPI

Tirtonegoro,Sutratinah.(200l). Anak Supernormal dan Program Pendidikanya, Jakarta : Bumi Aksara

Wiriaatmaja,Rochiati.(2005). Metode Penelifian Tindakan Kelas, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan memesannya via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s