PTK SMA BAHASA INGGRIS (Pelaksanaan Model Pembelajaran Totally Physical Response (TPR) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Speaking dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas X)


PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TOTALLY PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SPEAKING DALAM BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X-B SMA ______

ABSTRAK

……….., NIP …….. Pelaksanaan Model Pembelajaran Totally Physical Response (TPR) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Speaking dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas X-B SMA______. 2008/2009

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran speaking dalam bahasa Inggris dengan model pembelajaran Totally Physical Response (TPR) pada siswa kelas X-B SMA ____; (2) Besarnya peningkatan prestasi siswa kelas X-B untuk speaking dalam bidang bahasa Inggris setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan model pembelajaran Totally Physical Response (TPR).

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan metode analisis kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2008/2009 di kels X-B SMA _____

Hasil penelitian adalah: (1) Proses pembelajaran speaking dengan model pembelajaran TPR dilakukan dengan memasukkan aspek respon grakan tubuh, aspek respon koordinasi gerakan dengan lisan, dan aspek respon balikan. Pembelajaran TPR dilakukan dengan memasukkan teknik diskusi, demonstrasi, knowledge sharing, dan problem solving. Pembelajaran speaking dengan TPR diperkuat dengan memasukkan penguatan perbendaharaan kata pada siswa dan tata bahasa pada siswa yang sesuai dengan tema materi pembelajaran speaking; (2) Peningkatan prestasi belajar setelah dilaksanakannya pembelajaran speaking dengan TPR cukup besar, dimana pada pra penelitian tindakan nilai speaking siswa hanya 6,26 dan meningkat sedikit menjadi 6,6 pada siklus I, kemudian meningkat secara drastic menjadi 7,3 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 7,51 pada siklus III. Jumlah siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan, dimana pada pra pelaksanaan penelitian hanya 18 siswa (45%) siswa tuntas belajar, pada siklus I meningkat sedikit menjadi 19 siswa (47,5%) tuntas belajar, pada siklus II meningkat pesat menjadi 28 siswa (70%) tuntas belajar, dan pada siklus III sudah mencapai 33 orang atau 82,5% siswa tuntas belajar. Jumlah ini sudah lebih besar dari target yang ditetapkan guru, yaitu lebih dari 75% siswa tuntas belajar dengan target nilai rata-rata kelas 7,5.

DAFTAR PUSTAKA

T. Setia Mulyanto dan Luciana Syahman, 2009. Pengembangan Kompetensi Bahasa Inggris di SMA dengan Menggunakan Pendekatan Inquiry Melalui Kegiatan “Independent Movie Festival: Anti Bullying Campaign”. Jurnal Penelitian, No 1, Vol. 9, Edisi April 2009.

Sudibyo Manullang, 2010. Otonomi Pendidikan: Suatu Analisis Implementasi Manajemen Pendidikan. Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: UNY

Lasti Nur Satiani, 2012. Efektivitas Pembelajaran Totally Physical Response dalam Meningkatan Kemampuan Menyimak Bahasa Jepang (Eksperimen Terhadap Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di STIBA Satya Wacana). Jurnal Teknologi Pembelajaran, No 1, Vol 1, Edisi Januari, 2012. Yogyakarta: UNY. Tidak diterbitkan

Richard, Jack and Theodore. 1986. Approach and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Makmun, H.A., Samsudin. 2007. Psikologi Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Miles, J.A dan Huberman, P. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: UI Press

Lexy J, Moeloeng. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Untuk memesan/mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s