PTK SMA BAHASA INGGRIS (Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Reading dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas XI)


PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR READING DALAM BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI-C SMA ……….

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk pembelajaran reading dalam bahasa Inggris bagi siswa kelas XI-C di SMA ………..; dan (2) Besarnya dampak peningkatan prestasi belajar reading dalam bahasa Inggris bagi siswa kelas XI-C SMA ………..

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dikembangkan menggunakan tiga siklus, dengan metode analisis kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas XI-C SMA ………., pada semester gasal tahun pelajaran 2011/2012.

Hasil penelitian adalah: (1) Model pembelajarn Jigsaw dilakukan dengan mengembangkan kelompok Jigsaw dan kelompok ahli selama proses pembelajaran, dimana kendala-kendala belajar siswa diselesaikan dengan berbagai cara seperti dengan pemberian panduan untuk menyusun garis besar kerangka konsep untuk presentasi pada kelompok jigsaw oleh siswa dalam kelompok ahli, pemberian pertanyaan-pertanyaan variasi pengembangan materi, inspeksi pada siswa yang kurang aktif, memberikan motivasi pada siswa untuk bekerja sama, belajar mandiri dalam kegiatan belajar, memberikan motivasi melalui demonstrasi kemampuan didepan kelas, memberikan kesempatan siswa untuk mengemukakan kesulitan belajar dan mendapatkan solusi atas masalah belajarnya; (2) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan nilai siswa dan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Prestasi belajar reading siswa sebelum pelaksanaan penelitian tindakan adalah 6,64, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 7,04, pada siklus II meningkat lagi menjadi 7,04, pada siklus II meningkat lebih baik menjadi 7,45, dan pada siklus III meningkat dengan hasil yang baik, yaitu menjadi 7,73.  Ketuntasan belajar siswa sebelum pelaksanaan penelitian adalah 27,5% siswa tuntas belajar, pada siklus I menjadi 53% siswa tuntas belajar, pada siklus II meningkat menjadi 75% siswa tuntas belajar, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 85% siswa tuntas belajar. Ketuntasan belajar siswa pada siklus II dan III telah memenuhi KKM yang ditetapkan guru, yaitu 75% siswa tuntas belajar. Nilai test rata-rata siswa juga telah mencapai standar yang ditetapkan guru, yaitu nilai rata-rata kelas minimal 7,5.

DAFTAR PUSTAKA

Anita Lie. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo

Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

http://makalahkumakalahmu.wordpress.com/2008/09/15/cooperative-learning-teknik-jigsaw/

Elliot Aronson. The Jigsaw Classroom, Web Site Copyright 2000-2006, Social Psycology

Ibrahim, M., Fida R., Nur, M. dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif.Surabaya: Unesa Press.

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud. Dirjen Dikti.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.

Dayan, Anto. 1972. Pengantar Metode Statistik Deskriptif. Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Foster, Bob. 1999. Seribu Pena SLTP Kelas I. Jakarta: Erlangga.

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hamalik, Oemar. 1999. Kurikuum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah PanitianPelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Mursell, James ( – ). Succesfull Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.

Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Poerwodarminto. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.

Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto, 1988. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Suryabrata, Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Suryosubroto, b. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wetherington. H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.

Untuk memesan/mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s