SKRIPSI AGAMA ISLAM (Pengaruh Pendidikan Islam Terhadap Aspek-Aspek Psikoreligius dalam Aktivitas Pengajian Remaja)


PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP ASPEK-ASPEK PSIKORELIGIUS DALAM AKTIVITAS PENGAJIAN REMAJA DI DUSUN PENGKOL DESA KALIGAWE KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN

ABSTRAK

_______________.  Pengaruh Pendidikan Islam Terhadap Aspek-Aspek Psikoreligius Dalam Aktivitas Pengajian Remaja Di Dusun Pengkol Desa Kaligawe Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Aspek-Aspek Psikoreligius, Remaja.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konsep pendidikian Islam yang mengupayakan pembangunan aspek-aspek psikoreligius muslim. Akan tetapi, realita kondisi masyarakat tidak sepenuhnya dapat mendukung pembangunan ini, dan dapat menimbulkan pengaruh negatif atau melemahkan peranan Pendidikan Islam dalam membangun aspek-aspek psikoreligius muslim. Disisi lain, remaja Dusun pengkol telah aktif mengadakan kegiatan pengajian rutin mingguan, dalam kondisi latar belakang keluarga yang berbeda-beda, cara berfikir yang juga berbeda-beda akibat perbedaan faktor pendidikan remaja peserta pengajian, maupun kondisi lingkungan pergaulan yang juga berbeda-beda.

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh pendidikan Islam terhadap aspek-aspek psikoreligius dalam aktivitas pengajian remaja di Dusun Pengkol, Desa Kaligawe, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten.

Data utama penelitian diambil dengan kuisioner untuk dianalisis secara kuantitatif, dan data dokumentasi digunakan untuk mendukung menjelaskan hasil analisis kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi linier sederhana untuk menentukan model persamaan pengaruh pendidikan Islam terhadap aspek-aspek psikoreligius, dan teknik uji t untuk mengetahui signifikansi pengeruh yang ditimbulkan, serta uji determinansi untuk mengetahui prosentase pengaruh pendidikan Islam dan faktor lain yang tidak diteliti terhadap aspek-aspek psikoreligius.

Hasil penelitian adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan Islam terhadap paspek-aspek psikoreligius dalam Pengajian Remaja Dusun Pengkol, Desa Kaligawe, Kecamatan Pedan, Kabupaten K;aten, dalam persamaan Y = -6,420 + 0,740 X. (2) Koefisien determinansi yang diperoleh adalah 80.9%, yang menggambarkan bahwa 80,9% aspek pasikoreligius peserta pengajian remaja ini dikontrol oleh pendidikan Islam yang diselenggarakan. Hal ini menjadi fakta atas besarnya kemampuan pendidikan Islam dalam membendung pengaruh buruk dari lingkungan atau dari faktor lain terhadap aspek psikoreligius peserta pengajian remaja Dusun Pengkol.

DAFTAR PUSTAKA

Afifassalafushalih, (2008).   Psikologi Islam. Jakarta: Nasional Press

Abdurrahman an-Bahlawi (1983), Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibiha fi Baiti wal Madrasati wal Mujtama‘, Dar al-Fikr al-Mu’asyir, Beiru-Libanon, Cet. II, 1983., Terjemahan Shihabuddin, Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat, Gema Insani Press, 1995

Abuddin Nata (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Grassindo

Anwar Jasin, 1985, Kerangka Dasar Pembaharuan Pendidikan Islam. Tinjauan Filosofis, Jakarta: Gema Press

Buchori, Mochtar(1994) Ilmu Pendidikan dan Praktek Pendidikan.Yogyakarta:  Tiara Wacana

Cropley, A.J. (2998). Pendidikan Seumur Hidup, Suatu Analisis Psikologis, (terj. Sardjan Kadir), Usaha Nasional, Surabaya

Kartini Kartono. (1995). Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.

H.A. Syamsudin Makmun (2005). Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosdakarya.

Hartoto (2008). Pengertian dan Unsur-Unsur Pendidikan. E-book. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Liza (2008). Psikologi Agama. www.doctorliza.blogspot.com

Mawardi (2008), Ilmu Pendidikan Islam. www.mawardiumm.wordpress.com

Rohmat, H (2009), Teknologi Pembelajaran, Sekolah Tinggi Islam Negeri Surakarta.

Raihan Salim (2006) Pengaruh Organisasi Islam Terhadap Implementasi Nilai-Nilai Islam. Skripsi S1. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Raihan Achwan (1991). Prinsip-prinsip Pendidikan Islam Versi Mursi.  Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume 1. Yogyakarta: Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga

Rohim Munandar (2004) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Tingkat Depresi Masyarakat. Skripsi S1. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Setyari Widiatirahayu (2008). Pendidikan Non Formal Masih Termarjinalkan. www.balitbangjatim.com

Supriyatno, 2001, Perbedaan Tingkat Kecemasan Menghadapi Kecenderungan Impotensi Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan. Skripsi S1. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945.

Sholhoe (2008). Psikologi Agama Sebagai Disiplin Ilmu. www.one.indoskripsi.com

Thompson, James. (1993). Developing Education. Toronto: NewGrace.inc

Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta

Wahyu Widodo (2008). Masjid Dan PengembanganPendidikan Islam Di Indonesia. www.eprints.ums.ac.id

Untuk memesan/mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s