PTK PLB (Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Penggunaan Diskusi Kelompok)


PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SDLB-C SLB-C YPPLB NGAWI TAHUN PELAJARAN 2008/2009 MELALUI PENGGUNAAN DISKUSI KELOMPOK

ABSTRAK

___________. 2009. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SDLB-C SLB-C YPPLB Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009 Melalui Penggunaan Diskusi Kelompok. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pcmbimbing (1) Drs. Agus Budi Santoso, M.Pd., (II) Elen Inderasari, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : kemampuan berbicara, diskusi kelompok

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa SDLB-C SLB-C YPPLB Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009 melalui penggunaan diskusi kelompok.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian mengenai pembelajaran reflektif yang dilaksanakan secara siklus oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu dipecahkan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik analisis kritis. Teknik analisis kritis mencakup kegiatan untuk mengungkap kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru dalam proses belajar mengajar.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III tunagrahita SDLB-C YPPLB Ngawi, tahun pelajaran 2008/2009. Hasil simpulan adalah sebagai berikut: (1) Aktivitas belajar berbicara siswa kelas III tunagrahita SDLB-C YPPLB Ngawi, tahun pelajaran 2008/2009 dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok mengalami peningkatan sebesar 13,16 pada pertemuan I siklus 1, 11,66 pada pertemuan 2 siklus 1, 16,33 pada pertemuan I siklus II, 18,33 pada pertemuan 2siklus II. Dari data tersebut menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan diskusi kelompok; dan (2)Hasil belajar berbicara siswa kelas III tunagrahita SDLB-C YPPLB Ngawi, tahun pelajaran 2008/2009 dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok mengalami peningkatan 22 pada pertemuan I siklus I, 25,83 pada pertemuan 2 siklus 1, 16,33 pada pertemuan 1 siklus II, dan 18,33 pada pertemuan 2 siklus II. Dari data tersebut, 82,5 siswa membaca benar dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan diskusi kelompok.

DAFTAR PUSTAKA

AzharArsyad. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Balai Pustaka

Budi    Susetyo. 2008.     Tunarungu dan Permasalahannya (online), (http://massofa.wordpress.com, diakses 25 Maret 2009)

Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam pelajaran Bahasa dan Sastra Yogyakarta : B PF E.

Elizabeth B. Hurlock. Perkembangan Anak. Terjemahan oleh dr. Med. Meitasari Tjandras. 1988. Jakarta : Erlangga.

Furqanul Azies dan A. Chaedar Alwasilah. Pengajaran bahasa Komunikatif.  Bandung : Remaja Rosda Karya

Henry Guntur Tarigan. 1992. Berbicara sebagai Strata Kelerampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Kisyani Laksono. 1994. Teori Berbicara. University Pers IKIP Surabaya.

Muklisin Ahmadi . 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3.

Ngalim Purwanto dan Jeniah Alim. 1997. Metodlogi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Rosda Jayaputra.

Permanarian Somad Dan Hernawati. 1996. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Bandung: Proyek Pendidikan Tenaga Guru

SLB Perwari Kuningan. 2009. Pengertian Anak Tunarungu (online), (http//slbb perwari kng. Sch.id, diakses 20 Maret 2009)

Sabarti Akhadiah, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 1996. Pembinaan Kemampuan Berhicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sri Nuryati. 2007. Pembelajuran Berbicara Iielalui Permainan Bahasa di Kelas Atinal SD (online), (http:/iw%vtii.google.com, diakses 20 Maret 2009)

Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Sunarto dan  B. Agung Hartanto. 1995. Perkembangan Peserta didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s