SKRIPSI MANAJEMEN PERBANKAN (Analisis Kepuasan Nasabah Peghimpun Dana Terhadap Produk, Tarif Jasa Dan Kualitas Pelayanan Perbankan Dengan Prinsip Syariah)


ANALISIS KEPUASAN NASABAH PEGHIMPUN DANA TERHADAP PRODUK, TARIF JASA DAN KUALITAS PELAYANAN PERBANKAN DENGAN PRINSIP SYARIAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI BANDUNG

ABSTRAK

__________. 2005. Analisis Kepuasan Nasabah Peghimpun Dana Terhadap Produk, Tarif Jasa Dan Kualitas Pelayanan Perbankan Dengan Prinsip Syariah Pada Bank Syariah Mandiri Bandung. Di bawah bimbingan R. Arief Helmi, SE.,Msi.

Perkembangan perbankan syariah pasca pemerintah mengeluarkan UU No.10 Tahun 1998 menunjukkan tingkat yang signifikan. Dua bank umum (Bank Syariah Mandiri salah satu diantaranya) dan tujuh unit syariah yang telah beroperasi dengan lebih dari seratus outlet yang tersebar di seluruh Indonesia telah menjadikan Indonesia sebagai “The biggest and the fastest growing Islamic banking in the world”. Sebagai bentuk konsekuensi, kalangan perbankan syariah dituntut untuk menunjukan kemampuan kompetitifnya dalam memberikan sebuah pelayanan jasa yang terbaik kepada nasabahnya sesuai manfaat dan keunggulan yang dijanjikan sehingga nasabah akan merasa puas. Bank Syariah Mandiri (BSM) terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi nasabahnya dengan mengedepankan prinsip dan azas Islam.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengkaji seberapa besar tingkat kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri Bandung akan produk yang ditawarkan, tarif jasa yang berlaku dan kualitas pelayanan yang diberikan para karyawan dan perusahaan. Penelitian ini menggunakan tehnik survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode simple ramdom sampling, kemudian dilakukan uji validitas dan realibilitas terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan metode belah dua (split half method) dan rumus korelasi Spearman-Brown (menggunakan program SPSS versi 12.0 for windows) setelah itu data yang diperoleh dianalisis dengan matrik performance-importance yang telah disempurnakan.

Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, data yang diperoleh valid dan reliable. Tingkat kepuasan nasabah BSM sangat tinggi, hampir semua indikator variabel yang diteliti menunjukkan nilai diatas 80% dimana nasabah merasa puas bahkan cenderung sangat puas. Keanekaragaman jenis simpanan memiliki tingkat kepuasan yang paling tinggi dinilai oleh nasabah, sedangkan lay out ruangan islami dinilai nasabah menjadi urutan terakhir dibandingkan indikator-indikator variabel lainnya.

DAFTAR PUSTAKA

Alfi Wijaya, Nina M, Ning, Syahrial, Persepsi Nasabah Terhadap bank Syariah, 2004, Majalah MODAL No.17 /II- Maret

Alfi Wijaya, Nina M, Ning, Syahrial, Profil Layanan Bank Syariah, 2004, Majalah MODAL No.17 /II- Maret

Alfi Wijaya, Nina M, Ning, Syahrial, Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan, 2004, Majalah MODAL No.17 /II- Maret

Alfi Wijaya, Nina M, Ning, Syahrial, Yang Bagus, dan yang Perlu  Berbenah, 2004, Majalah MODAL No.17 /II- Maret

Alfi Wijaya, Pitoyo N,  Zulkarnaen, Shidiq, Yang Tercepat Pertumbuhannya, 2003, Majalah MODAL edisi 12/ Oktober

Ali, Sakti, 2003, Modul Kajian Ekonomi Syariah ISEG FE UNPAD.

Freddy, Rangkuty, 2003, Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur  Dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Plus Analisi Kasus PLN-JP, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Guntur Subagja, Peringkat Perbankan Syariah, 2003, Majalah MODAL edisi 12/ Oktober

Handi, Irawan, 2002, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Husein, Umar, 2003, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta: Ghalia Indonesia

Iman, Hilman dkk 2003, Perbankan Syariah Masa Depan, Jakarta: Senayan Abadi Publishing.

Kotler, Philip, 2003, Marketing Management, International Edition, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip, 2000, Marketing Management- Milenium Edition, 10th Edition, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Leonard, L. Berry, Valarie Zeithaml, & Parasuraman, 1991, Marketing Service, New York: Free Press.

Lovelock, Chrishtoper, 2001. Serviece Marketin,People, Technology, Strategy. 4th  Prentice Hall International, Inc.

Muhammad, 2003, Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syariah, Yogyakarta: UII Press.

Moh. Nazir, 1999, Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia

M. Syafi’i, Antonio, 2004, Bank Syariah: Analisis Kekuatan, Peluang, Kelemahan dan Ancaman, Yogyakarta: Ekonisia.

M. Syafi’i, Antonio, 2001, Bank Islam Teori dan Praktek, Jakarta: Gema Insani Press

Qardhawi, Yusuf, 2002, Bunga Bank Haram, Jakarta: Akbar Media Eka Sarana.

Singgih Santoso, 2001, SPSS Versi 10: Mengolah data Statistik Secara Profesional, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Stanton, W. J., 1994. Fundamentals Of  Marketing., Grolier Business Library, Grolier Incorporated.

Syahri Alhusin, 2003, Aplikasi Statistik Praktis dengan SPSS.10 For Windows, Yogjakarta: Graha Ilmu

Universitas Padjadjaran, 2004, Pedoman Penyusunan & Penulisan Skripsi Program Sarjana Unpad.

www.bi.go.id , 2005, Riset Biro Perbankan Syariah (BPS) Bank Indonesia Persepsi Masyarakat Terhadap Perbankan dan Pengetahuan Masyarakat Jawa Barat Terhadap Bank Syariah

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s