SKRIPSI PENDIDIKAN (Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi)


PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MEJAYAN KECAMATAN MEJAYAN KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

____________ . 2009. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mejayan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Drs. Teguh Suharto, M.Pd., (II) Even Inderasari, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Media Audio Visual, Menulis Puisi

Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi seperti sekarang ini merupakan kombinasi yang sangat diperlukan bagi peningkatan sumber daya manusia yang memiliki visi, misi, transparansi, dan berpandangan jauh ke depan. Salah satu fungsi dari kombinasi ilmu pengetahuan dan teknologi ialah dalam hal peningkatan mutu pendidikan.

Pembelajaran sastra terutama dalam pembelajaran menulis puisi di sekolah sabagai salah satu upaya pembentuk watak manusia, saat ini cenderung mengacu pada buku teks yang sangat monoton dan membosankan. Akibatnya, pembelajaran menjadi mandeg, tidak meningkatkan antusiasme siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru ialah mengembalikan kembali gairah dan minat siswa dengan memanfaatkan teknologi yang talah ada dan dekat dengan siswa, yakni memanfaatkan media audio visual sebagai media pembelajaran. Strategi ini dapat membantu guru dalam mengelola pembelajaran menjadi aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan.

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mejayan.

Sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, dan dalam analisis data menggunakan pengolahan secara dcskriptif kuantitatif berupa perhitungan mean, median, modus, dan standar deviasi. Pengolahan inferensial berupa uji perbedaan dua rata-rataa atau Nest independent.

Hasil implementasi pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan siswa dalam seluruh kegiatan pembelajaran, baik dalam proses maupun hasil. Berdasarkan analisis hasil diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar (t-hitung 3,85 > t-tabel 2,000). Rata-rata pencapaian siswa kelas eksperinien adalah 95 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 60 (Mn: 15,57; Me: 12,0; Mo: 13,25; Sd: 3,48). Sebagai pembanding, rata-rata pencapaian kelas kontrol adalah 77,5 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 50 (Mn: 14; Me: 14; Mo: 14; Sd: 2,01). Dengan demikian, penggunaan media audio visual dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang membantu guru dalam mengasah keterampilan siswa dalam menulis, terutama menulis puisi.

DAFTAR PUSTAKA

Anderson. Berbagai Jenis Media Pembelajaran, (Online), (http://edu-articles.com/berbagai-jenis-media-pembelajaran/.) . Diakses 20 Maret 2009).

Ardiani Mustikasari. Berbagai Jenis Media Pembelajaran, (Online), (http://edu-articles.com/berbagai-jenis-media-pembelajaran/.). Diakses 20 Maret 2009).

Darwanto. 2007. Televisi sebagai Media Pembelajaran. Yogyal:arta: Pustaka Pelajar.

Henrich. Berbagai Jenis Media Pembelajaran, (Online), (http://edu-articles.com/berbagai-jenis-media-pembelajaran/.). Diakses 20 Maret 2009).

Lardizabal, Amparo S. 1978. Principles and Methods of Teaching. Manila: Phoenix Press, INC.

Latipun. 2006. Psikologi Eksperimen. Malang: UPT. Penerbitan Universitas Malang.

Little, Graham. 1966. Approach to Literature. Australia: Science Press.

Mani Sufanti. 2004. Reposisi Pembelajaran Sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 16 (30): 50-57.

Masun Lasimo. 2005. Sekolah harus Tumbuhkan Tradisi Menulis. Buletin Pusat Perbukuan, 11: 26-27.

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Prufesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustolih. Multimedia dalam Pembelajaran,    (Online), (dalam (http://edu-articles.com/berbagai-jenis-media-pembelajaran/.) Diakses 20 Maret 2009).

Nana Sudjana dan Ibrahim. 2001. Pene/itian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Parji. 2008. Pemilihan Media Pembelajaran dan Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Makalah ini disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan, IKIP PGRI Madiun, Madiun, 01 Juni 2008.

Punaji Setyosari. 2008. Pemi/ihun dan PenWunuun Media 1-lembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rudi Bretz. I3erbagai Jcnis Media Pembelajaran, (Online), (http://edu-articles.com/berbagai-jenis-media-pembelajaran/.)Diakses 20 Maret 2009).

Redja Mudyaharjo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakar.a: PT. Raja Grafindo Persada.

Schramn Berbagai Jenis Media Pcmbclajaran, (Online), (http://edu-articles.com/berbagai-jenis-media-pembelajaran/.). Diakses 20 Maret 2009).

Sukmana. 2005. Menumbuhkan Budaya Menulis di Kalangan Siswa. Buliten Pusat perbukuan, 11 : 30-31)

Sudjana. 1995. Desain and Analisis Eksperimen. Bandung : PT. Tarsito

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sutedjo dan Kasnadi. 2008. Menulis kreatif Kiat cepat menulis Puisi dan cerpen. Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Tjahjono Widarmanto. 2005. Mengajar Siswa Menulis. Buletin Pusat Perbukuan, 11:41-42).

Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan dun Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yudhi Munadi. 2008. Media Pembelajaran Seluruh Pendekatan Baru. .Jakarta: Gaung Persada Press.

Yuentie Sova Puspidalia. 2005. Eksplisitasi Puisi dalam Pemahaman Sederhana untuk Pemula. Jurnal Pendidikan, 11 (2): 188-202.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s