SKRIPSI PENDIDIKAN (HUBUNGAN ANTARA PENGUASA KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V)


HUBUNGAN ANTARA PENGUASA KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN KERANG 2 TAKERAN KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

______________. 2009. Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Kerang 2 Takeran Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Madiun.

Kata kunci : penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penguasaan kosakata, (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca pemahaman , (3) untuk memperoleh deskripsi tentang hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa, khususnya siswa kelas V SDN Kerang 2 Takeran Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2008/2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional.

Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas V SDN Kerang 2 Takeran Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2008/2009 yang jumlah siswanya 15 anak. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes, yaitu tes penguasaan kosakata dan tes kemampuan membaca pemahaman. Setelah data nilai dikumpulkan kemudian ditabulasikan dalam rumus product moment untuk mengetahui nilai r.

Setelah dilakukan komputasi, diketahui r hitung rXY (r product moment) lebih besar dari r tabel. Dunana untuk nilai r hitung sebesar 0,85, dan nilai r tabel sebesar 0,56 dengan taraf signifikasi 1%.

Berdasarkan hasil penelitian hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kerang 2 Takeran, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, tahun pelajaran 2008/2009 dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penguasaan kosakata siswa kelas V SDN Kerang 2 Takeran, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, tahun pelajaran 2008/2009 memperoleh nilai yang baik, yaitu rata-rata nilai sebesar 72,5 ; (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kerang 2 Takeran, kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, tahun pelajaran 2008/2009 memperoleh nilai yang baik, yaitu rata-rata sebesar 78,5 ; (3) dengan diketahuinya rXY (r product moment) lebih besar dari r tabel maka hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat hubungan yang positif antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kerang 2 Takeran, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, tahun pelajaran 2008/2009.

DAFTAR PUSTAKA

Ali, M. 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 1990. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

___________ . 1989. Pengajaran Kosakata. Bandung : Angkasa.

Herman J. Waluyo. 1987. Teori Dan Apresiasi Puisi. Jakarta : Erlangga

Nana Sujana. 1992. Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Soedjito. 1988. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Suharsirni Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. 1981. Dasar-dasar Teori Dan Soal Tanya Jawab Statistik. Yayasan Fakultas Psikologi UGM : Yogyakarta.

 ___________ . 1993. Metodologi Research I. Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikolog UGM.

W.J.S Poerwodarminto. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

(http://id.wikipedia.orgJwiki/Kosakata, diakses 18 Desember 2009).

(http://pondokbahasa.wordpress.com/2008/08/02/tuntutan-pengembangan­kosakatal, diakses 18 Desember 2009).

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s