PTK SMP BIOLOGI (APLIKASI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM)


APLIKASI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

ABSTRAK

Pembelajaran  Biologi  diarahkan  pada  kegiatan  yang  dapat  mendorong siswa belajar secara aktif sehingga dapat memahami konsep dengan baik. Karena

itu  pembelajaran  biologi  hendaknya  menggunakan  metode  yang  dapat  membuat siswa   banyak   beraktivitas.   Tujuan   penelitian   ini   adalah   untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan problem  posing  pada  siswa  kelas  VIIE semester   II   SMP   Muhammadiyah   5 Surakarta   Tahun   Ajaran   2007/2008. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah  5  Surakarta.  Data hasil belajar  Biologi  diambil  dengan menggunakan  tes,  observasi  baik  dengan  lembar penelitian   maupun   catatan   lapangan   dan   dokumentasi.   Teknik   analisis   data menggunakan  analisis  deskriptif  kuantitatif,  karena  menggunakan  uji  statistik yaitu  regresi  linier.  Hasil  analisis  menunjukkan  bahwa  pembelajaran  dengan strategi  Problem  Posing   dapat  meningkatkan  hasil  belajar  biologi   pada  siswa kelas  VIIE SMP Muhammadiyah  5  Surakarta  tahun  ajaran   2007/2008.  Hal ini dapat dilihat dari nilai  rata-rata hasil belajar post test I (67,69) yang menunjukkan adanya  peningkatan  dibandingkan  nilai  awal  (55,90),  kemudian  rata-rata  hasil belajar post test II  (71,03)  menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan hasil post test I (67,69), dan hasil belajar post test III lebih meningkat dengan  mencapai rata-rata   sebesar   74,62.   Peningkatan   hasil   belajar   ini   menunjukkan   bahwa pembelajaran  dengan  metode  Problem  Posing  pokok  bahasan  ekosistem efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa

Kata Kunci: pembelajaran problem posing, hasil belajar biologi

DAFTAR PUSTAKA

Ad.  Rooijakkers.  1991.  Mengajar dengan Sukses Petunjuk untuk Merencanakan dan  Menyampaikan  Pelajaran.  Jakarta  :  PT.  Gramedia  Widia  Sarana Indonesia.

Amin Suyitno. 2004. Model Pembelajaran Matematika. Semarang : Depdiknas. Anita Lie. 2004. Cooperatif Learning : Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : PT. Raja Widia Sarana Indonesia.

Arief S. Sadiman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

A.  Suhaenah   Suparno.   2001.   Membangun   Kompetensi   Belajar.    Jakarta    : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Darsono,   Sugandhi,    Martensi,     Sutadi   dan    Nugroho.    2004.    Belajar    dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Mudjiono.1999..Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta. Fudyartanto. 2002.  Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Yogyakarta : Global Pustaka Utama.

Hilda    Karlin    dan    Margaretha.     2002.    Implementasi    Kurikulum    Berbasis Kompetensi II. Bandung : Bina Media Informasi.

Joyce  dan  Well  J  Mandalika.  1999.  Belajar  dan  Pembelajaran  I.  Surabaya  : University Press UNESA.

Kemmis and McTaggart. 1994. The Action Research Planner. Dekain University. Martinus   Yamin.   2006.   Profesionalisme   Guru  dan   Implementasi   Kurikulum Berbasis Kompetensi . Jakarta : Gaung Persada Press.

Muhibbin Syah. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remadja Rosda Karya.

Muslimin Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif . Suarabaya : University. Nana Sudjana. 1995. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung : Sinar Baru.

Nurhadi.   2004.   Kurikulum   2004   (Pertanyaan   dan   Jawaban).   Jakarta:   PT. Grasindo.

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo Persada.

Robert Slavin. 1995. Cooperatif Learning Theory Reaserch and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Roestiyah N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar (Salah Satu Unsur Pelaksanaan

Strategi Belajar Mengajar, Teknik Penyajian). Jakarta : Rineka Cipta.

Roger dan David Johnson. 2000.  Learning Method. Jakarta : Gunung Agung. Sardiman.   2001.  Interaksi  dan   Motivasi  Belajar Mengajar.  Bandung  :  Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Surakarta : UNS Press.

Sudjana. 2002. Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung : Tarsito.

Suharjono .  2006 .  Penelitian Tindakan Kelas  Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru . Jakarta : Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara. Sumadi, Suryabrata. 1995 . Psikologi Pendidikan. Jakarta : rajawali.

Supardi.  2006.  Penelitian  Tindakan  Kelas  Beserta  Sistematika  Proposal  dan Laporannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Syaiful  Bahri  Djamarah.  2000.  Guru  dan  Anak  Didik  dalam  Interaksi  Edukatif . Jakarta : Rineka Cipta.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s