PTK SMP TATA BUSANA (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TATA BUSANA SISWA KELAS VIII)


IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TATA BUSANA SISWA KELAS VIII G

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi tentang proses pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran keterampilan proses dalam pembelajaran tata busana untuk siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Nguter; dan (2) Deskripsi tentang besarnya peningkatan prestasi yang dicapai siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Nguter dalam pembelajaran tata busana setelah dikembangkan proses pembelajaran dengan model pembelajaran keterampilan proses dalam pembelajaran tata busana.

Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Nguter,  Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan prosedur siklus, yaitu menggunakan dua siklus. Metode analisis data dilakukan secara kualitatif.

Hasil penelitian adalah: 1. Pelaksanaan pembelajaran tata busana dengan model pembelajaran dengan model pembelajaran keterampilan proses secara baik dapat dilaksanakan dengan langkah: (a) Tahap pembukaan melalui motivasi dan apersepsi yang serius dengan menjelaskan secara detil manfaat-manfaat yang diperoleh siswa setelah mempelajari materi serta melakukan pengukuran atas kemampuan awal siswa, sehingga motivasi, minat belajar, dan keingintahuan siswa dapat dibagun dari awal; (b) Tahap inti pelaksanaan dengan: (1) Membentuk kelompok kecil yang tiap kelompok berisi 5 orang; (2) Pemberian informasi awal tentang materi tata busana; (3) Pemberian panduan awal untuk teknik observasi dan klasifikasi; (4) Siswa melakukan observasi data yang terkait dengan konsep yang akan dipelajari; (5) Kelompok siswa melakukan klasifikasi untuk tugas yang berbeda dalam materi yang sama; (6) Siswa antar kelompok mendiskusikan dan menyampaikan hasil temuannya pada kelompok lain; (7) Kelompok siswa melakukan presentasi hasil klasifikasi; (8) Guru menyampaikan proses umum; (9) Guru menjelaskan keterkaitan proses yang dilakukan siswa dengan konsep umum serta diperbolehkannya mengembangkan konsep umum dengan pengalaman dan pengetahuan siswa dalam proses belajar yang telah dilakukan; (10) Melakukan pengukuran kuantitatif atas data-data kualitatif maupun kuantitatif; (11) Kelompok siswa berdiskusi dan mempresentasikan hasil pengukuran di depan kelas; (12) Guru memberi panduan cara memprediksi; (13) Siswa berlatih memprediksi berdasarkan pengetahuan dan pengalaman serta konsep yang baru saja didapat; c) Tahap penurutupan dilakukan dengan pembuatan kesimpulan oleh siswa dan guru atas hasil belajar yang dilakukan, serta pelaksanaan test; 2. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan proses untuk bidang studi tata busana mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Nguter, baik dari segi nilai rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Sumarsono, 1992: 9) Arah  Kebijakan dan Program Pembinaan dan Pengembangan Kesiswaan (Jakarta: Mini Jaya, 1992), h. 9

Umedi, 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Depdikbud

Made Pidarta, 1983. Management Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bina Aksara,

_______, 2004. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan terbitan UNESCO, Jakarta: Logos

Nurochim. Peningkatan Mutu Sekolah. online. http://nurochim.multiply.com/journal/ item/1

Hanusek, Eric. 1981. Why Quality Metter in Education. New York: Harvard University

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta

Carin and Sund, 1980. Teaching Science Through. Discovery. Fourth Edition. Charles Merry. Publishing Co. Ohio. Coburn

Surachman, 1992. Pengajaran Inquiry. Jakarta: Rineka Cipta

Efraim, Turban. (1995). Decision support systems and expert system (4th ed.). Prentice-Hall International, Inc.

Ahmad Ochan, 2010. Pelaksanaan Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta: Rineka Cipta

Wina Senjaya. 2008. Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Soedanyo, 1990. Pembelajaran Inquiry.  Bandung: Rosda Karya

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s