PTK SMP BIMBINGAN KONSELING (Program Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kreativitas)


PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IX-4 SMP NEGERI 101 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007-2008 SM.II

ABSTRAK

Jelly: Program Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IX-4 SMP Negeri 101 Jakarta Tahun Pelajaran 2007/2008 SM.II

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan dalam praktek pendidikan yang cenderung siswa sekolah hanya mengejar status, mereka lebih mementingkan nilai bukannya prestasi. Siswa mengejar nilai dengan cara mencontek dan tidak yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. Siswa merasa cepat puas dengan apa yang telah diraih, takut dikritik jika berpendapat dan kurang memiliki rasa ingin tahu terhadap ilmu pengetahuan. Gejala rendahnya kreativitas siswa SMP Negeri 101 Jakarta dalam belajar seperti kurang mandiri dalam belajar, kurangnya rasa ingin tahu, mengerjakan tugas dengan mencontek, tidak menghargai kemampuan sendiri, takut terhadap guru atau tidak berani mengambil resiko untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya ataupun takut pada kegagalan di kalangan siswa tidak boleh dibiarkan terus menerus karena memberikan dampak negatif terhadap hasil belajar siswa. Faktor yang turut menentukan prestasi bukan hanya intelegensi atau kecerdasan tetapi kreativitas juga berperan penting.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan program bimbingan belajar yang dapat mengembangkan kreativitas siswa Negeri 101 Jakarta kelas IX-4 Tahun Pelajaran 2007/2008.

Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yang pada pelaksanaannya dilakukan modifikasi terhadap langkah-langkahnya, yaitu studi pustaka, studi pendahuluan dan penyusunan model hipotetik Subjek penelitian diambil 35% dari seluruh siswa kelas VIII, yaitu 124 siswa untuk dijadikan sampel sehingga sampel menjadi 50 orang (pembulatan dari 49,6).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa kelas IX-4 SMP Negeri 101 Jakarta Tahun Pelajaran 2007/2008 memiliki tingkat kreativitas yang sedang. Hal ini ditunjukkan dengan 48% siswa (24 orang) berada dalam kategori sedang, 16%  siswa (8 orang) memperlihatkan tingkat kreativitas yang tergolong pada kategori tinggi dan 36% siswa (18 orang) memperlihatkan tingkat kreativitas yang tergolong pada kategori rendah.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas adalah melalui bimbingan dan konseling yang ada di sekolah. Bimbingan belajar adalah salah satu bentuk bimbingan yang ditujukan untuk membantu siswa menyelesaikan permasalahan di bidang belajar, termasuk meningkatkan kreativitas siswa, seperti bagaimana menumbuhkan minat belajar, bagaimana mengerjakan tugas dengan baik, mengungkapkan pendapat tanpa rasa malu dan evaluasi hasi belajar.

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Mohammad dan Asrori, Mohammad. (2004). Psikologi Remaja (Perkembangan PesertaDidik). Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2004). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Hurlock, Elizabeth. (1994). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Kristiani, Rini. 2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Labschool.

Mahasiswa PPB Angkatan 2000, (2002), Materi-Materi Bimbingan dan Konseling, Bandung: Mutiara.

Makmun, Abin Syamsudin. (2001). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia.

Munandar, Utami. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia.

Natawidjaja,   R. (1987). Pendekatan-Pendekatan Dalam Penyuluhan Kelompok I. Bandung: Diponegoro.

Nurihsan, Juntika. (1996). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Mutiara.

Nurihsan, Juntika dan Sudoanto, Akur. (2005). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta : Grasindo.

Rowe,  Alan J. (2004). Creative Intelligence: Membangkitkan Potensi Inovasi dalam Diri dan Organisasi Anda. Bandung: Kaifa.

Samad, Daniel. 1998. KiatSukses Studi. Jakarta : media

Santrock, John. W. (2003). Perkembangan Remaja. Bandung : Erlangga.

Slameto   (2003).  Belajar dan  Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Supriadi,  Dedi.  (1998). Kreativitas, Kebudayaan dan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Surya, Mohamad. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Syamsu. (2006). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung : Pustaka Bany Quraisy.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s