PTK SMP BIMBINGAN KONSELING (MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING JIGSAW)


MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-6 SMP NEGERI 101 JAKARTA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING JIGSAW TAHUN AJARAN 2008/2009 SEMESTER GENAP

ABSTRAK

Tingkat motivasi belajar siswa tidak sama. Motivasi belajar merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Kurangnya motivasi belajar tersebut dapat terlihat dari beberapa fenomena yang terjadi di dalam kelas. Seperti kesiapan memulai pelajaran yang agak terganggu, mengerjakan tugas-tugas yang kurang maksimal, sehingga tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Masih ada beberapa siswa yang motivasi belajarnya kurang atau rendah, hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai raport yang diterima pada semester ganjil tahun pelajaran 2008/2009 (dari legger), dari hasil analisa angket awal dan data AUM. Ada beberapa mata pelajaran yang dicapai kurang atau di bawah nilai standar KKM. Dari jumlah siswa 37, ternyata ada 12 siswa yang nilainya di bawah standart KKM.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan harapan semakin besarnya motivasi belajar yang tumbuh dari dalam diri siswa maka akan dapat mendongkrak semangat belajar, dan pada akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar yang diharapkan.

Penelitian dilakukan di kelas VIII-6 SMPN 101 Jakarta, pada bulan Februari sampai dengan April 2009. metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model pembelajaran Cooperative Learning tipe jigsaw, yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dua kali pertemuan instrument yang digunakan adalah pandauan wawancara siswa dan guru, lembar observasi siswa dan guru, angket motivasi belajar.

Hasi penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan skor motivasi belajar siswa rata-rata : 74,43%, pada siklus ke I skor rata-rata : 77,47% dan pada siklus ke II skor rata-rata : 80,15%. Pada siklus ke I siswa masih merasa asing dengan model pembelajaran ini, tetapi guru terus tetap berusaha mengarahkan dan membimbing siswa dalam berdikusi. Sehingga pada siklus ke II siswa semakin menunjukkan hasil  yang cukup memuaskan. Dari hasil observasi dan wawancara aktivitas siswa meningkat.

Dari hasil pelaksanaan tindakan kelas siklus ke I dan ke II, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII-6 SMPN 101 Jakarta.

Kata kunci: Motivasi belajar, Cooperative Learning tipe Jigsaw.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsimi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Aqib Zainal, Jayaroh Siti, Diniati Eko, Khotimah Khusnul, 2008, Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK

Hakim Thursan, 2001, Belajar Secara Efektif- Panduan Menemukan Tehnik Belajar, Memilih Jaurusan dan Menemukan Cita-Cita, Jakarta : Puspa Swara

Isjoni, 2007Cooperetive Learning (efektifitas Pembelajaran Kelompok), Bandung : Alpabeta.

Kusnandar, 2008, Langkah Mudah Penelitian Tindakan kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PI Raja Grafmdo Persada

Lia Amita, 2008, Cooperative Learning ( Mempraktekan Cooperative Learning di Ruang Kelas) Jakarta: Grasindo.

Prayitno, 1995, Layanan Bimbingan dan  Konseling Kelompok (Dasar dan Profil) .Jakarta: Ghalia Indonesia.

Syahril, Ahmad Rizkhan,  1986, Pengantar Bimbingan dan Konseling Padang : Angkasa Raya.

Siberman Mel, 2007, Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Suemanto Wasty, 1987, Psikologi Pendidikan Landasan kerja Pemimpin Pendidikan Jakarta : PT Bina Aksara.

Sukardi DK, 2000 Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Tohisim, 2008, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah    (Berbaris Integrasi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Walgito Bimo, 2008, Bimbingan dan Konseling (Studi san Karir) Yogyakata : Andi

Winkel,   1984,  Bimbingan dan Konseling di  Sekolah Menengah Jakarta  :  PT Gramedia.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s