PTK SMP BIMBINGAN KONSELING (OPTIMALISASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BERTANYA SISWA)


OPTIMALISASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BERTANYA SISWA DALAM PEMBELAJARAN

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kebiasaan bertanya siswa di dalam proses pembelajaran melalui optimalisasi layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 101 Jakarta Barat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 101 Jakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 Semester II.

Adapun prosedur penelitian ini adalah  terdiri perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dengan topik yang berbeda, siklus 1 menggunakan topik bebas, siklus 2 menggunakan topik tugas, dan siklus 3 menggunakan topik campuran yaitu topik bebas dan tugas. Teknik penelitian ini menggunakan teknik pengamatan dan angket, alat pengumpul data adalah instrumen observasi dan instrumen angket.

Analisis data dalam penelitian ini menggunakan  deskriptif kualitatif yang terdiri dari pengolahan data, telaah data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kebiasaan siswa dalam bertanya melalui optimalisasi layanan bimbingan kelompok. Peningkatan kebiasaan bertanya dapat dilihat dari hasil observasi selama proses tindakan dalam kegiatan bimbingan kelompok yaitu adanya tuntutan untuk menampilkan tingkah laku bertanya, bentuk tingkah laku bertanya yang ditampilkan bersifat pontan, dapat memilih saat yang tepat untuk bertanya dan bertanya dengan baik tanpa menyinggung perasan orang lain. Sebagai data pendukung untuk mengetahui peningkatan kebiasaan bertanya adalah melalui observasi yang dilakukan oleh guru BK dan guru mata pelajaran sebagai pembanding. Hasilnya kelas yaitu ada peningkatan kebiasaan bertanya dalam proses pembelajaran secara bertahap dari siklus 1, 2  dan 3. Pada siklus 1 . Frekwensi bertanya 40 %, siklus II 60 % dan pada siklus III ada 80 %. Dengan demikian melalui optimalisasi layanan bmbingan kelmpok dapat meningkatkan keaktifan bertanya anggota kelompok dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Optimalisasi, Layanan Bimbingan kelompok, Meningkatkan kebiasaan  proses pembelajaran

DAFTAR PUSTAKA

Fattah, Nanang. Landasa Manajemen Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda karya, 2003.

Fattah, Nanang. Landasa Manajemen Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda karya, 2003.

Hallen A,  Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2002 .

Hakim,Soelthon.” Pengelolahan Pelayanan Bimbingan dan Konseling” , makalah disajikan pada Diklat Kurikulum Berbasis Kompetensi Bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMP Negeri/ Swasta Provinsi Jawa Timur, Malang 29 Nopember s.d 8 Desember 2004 .

Hallen A,  Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2002 .

Hakim,Soelthon.” Pengelolahan Pelayanan Bimbingan dan Konseling” , makalah disajikan pada Diklat Kurikulum Berbasis Kompetensi Bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMP Negeri/ Swasta Provinsi Jawa Timur, Malang 29 Nopember s.d 8 Desember 2004 .

Hadi ,Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi ,2001.

Moleong,L.. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Moerbudi, “Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Berbasis Kompetensi”, makalah disajikan pada Diklat Kurikulum Berbasis Kompetensi Bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMP Negeri/ Swasta Provinsi Jawa Timur, Malang 29 Nopember s.d 8 Desember 2004.

Nawawi, Hadari, Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Yogya : G M University press : 2005.

Prayitno. “Buku Pedoman Bimbingan dan Konseling untuk SMA”, Depdiknas Dirjendikdasmen, Jakarta, 2001.

_____________ . Wawasan Pengembangan Diri Dalam KTSP Melalui Pelayanan Konseling”, Depdiknas – Dirjen PMPTK, 2007.

_____________. “Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Depdiknas – Dirjendikdasmen , 2003.

_____________. “Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) “ , Depdikbud Dirjendikdasmen, 1999.

____________ Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah.  Jakarta: Rinelka Cipta,2001.

 ____________, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling Jakarta: Rineka Cipta,1999.

Pidarta, Made. Management pendidikan  Indonesia. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2004.

Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta ,2004 .

Sudianto, A dan Juntika.N.A. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: PT Grasindo ,2005.

Sukardi, Ketut Dewa dan Desak Made S,  Bimbingan Penyuluhan di Sekolah.Jakarta : Rineka Cipta : 1990.

Winkel, WS. Dkk. “,Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan”, Media Abadi, Yogyakarta, 2006.

Untuk pemesanan file lengkap konfirmasi via No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s