PTK SMP BIMBINGAN KONSELING (OPTIMALISASI BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA BERPRESTASI RENDAH DI KELAS VII)


OPTIMALISASI BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA BERPRESTASI RENDAH DI KELAS VII SMP NEGERI 2 CAWAS KABUPATEN KLATEN TAHUN 2011/2012

ABSTRAK

_________. Optimalisasi Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Berprestasi Rendah di Kelas 7 Smp Negeri 2 Cawas  Tahun 2011/2012. Penelitian Tindakan Kelas.

Penelitian dilatarbelakangi oleh kondisi terdapat siswa-siswa berprestasi sangat rendah ataupun rendah yang mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 2 Cawas, dan kondisi terdapatnya kebutuhan untuk melakukan upaya bimbingan konseling dalam memberikan solusi bagi siswa yang berprestasi rendah dengan menghindari pendekatan pemberian rasa takut (fearness) yang berpotensi memunculkan trauma dalam mengikuti proses pendidikan di sekolah, menjatuhkan kepercayaan diri dalam mengikuti proses pendidikan di sekolah, memunculkan rasa enggan masuk sekolah, dan hal-hal negative lainnya.

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Deskripsi langkah-langkah optimalisasi bimbingan dan konseling (BK) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa tertinggal di kelas VII SMP Negeri 2 Cawas, 2) Besarnya peningkatan prestasi belajar siswa tertinggal setelah tindakan yang dikembangkan melalui bimbingan dan konseling untuk siswa yang tertinggal.

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa-siswa yang berprestasi rebdah atau terlambat, Metode penelitian adalah metode kualitatif yang menguraikan keterkaitan antar data secara riil dan apa adanya dengan cara naratif textual.

Hasil penelitian adalah: 1) Pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan prestasi siswa yang berprestasi rendah atau siswa tertinggal dilakukan dengan pendekatan yang berbasis masalah, dengan menggunakan teknik-teknik directive, non directice, dan behavioural, 2) Pelaksanaan bombingan dan konseling yang berbasis masalah siswa terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dari pra pelaksanaan penelitian sampai pada siklus II, yaitu ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang meningkat dari 4,16 menjadi 5,1 dan meningkat lagi menjadi 6,0. Saran-saran yang dinberikan berupa: 1) Guru konseling perlu secara intensif mengembangkan teknik-teknik bimbingan konseling agar masalah belajar siswa dapat ditangani dengan lebih baik sehingga BK benar-benar memiliki peranan riil dalam mendukung tercapainya program-program pendidikan di skeolah, 2) Guru BK perlu mengubah paradigm cara pandang siswa terhadap BK, yaitu dari cara pandang BK sebagai polisi sekolah menjadi BK sebagai pusat solusi masalah sekolah.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Aunurrahman. 1998. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Dimyati Mahmud. 2000. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Edi Legowo.2003. Analisis Pengubahan Tingkah Laku. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Elizabeth Hurlock. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Hamalik Oemar. 2004. Prses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Iqbal Hasan. 2002. Pokok-Pokok Materi metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia

____________.2002. Pokok-Pokok Materi Statistik 2. Jakarta: Bumi Aksara

Margaret Bell. 2001. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers

Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia

Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sardiman. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Singgih Gunarso.2002. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soedomo Hadi. 2005. Pengelolaan Kelas. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS dan UPT Penerbitan Percetakan UNS

Soetrisno Hadi. 2001. Metode Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Soli&Thayeb. 2002. Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: departeman Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian, Bandung : Alfa Beta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Produr Penelitian suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Trisno Martono. 2005. Strategi Belajar-Mengajar. Surakarta: departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Universitas Sebelas Maret

Thulus Hidayat dkk, 2001. Psikologi Pendidikan. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret

Yamin, Martini, 2006, Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, Jakarta : Putra Grafika.

Winkel WS, 2001. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Untuk pemesanan file lengkap silahkan konfirmasi via No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s