PTK SMP BAHASA INDONESIA (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA MELALUI METODE MENDIKTE)


PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA MELLAUI METODE MENDIKTE PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 9 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

_______________, 2009. Peningkatan Kemampuan Menyimak Terhadap Pembelajaran Teks Berita melalui Metode Mendikte Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 9 Madiun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Madiun.

Kata kunci    :    Kemampuan menyimak, Pembelajaran Teks berita, Metode Mendikte.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi yang jelas tentang (1) peningkatan kemampuan menyimak (2) pembelajaran teks berita (3) melalui metode mendikte. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dalam pembelajaran teks berita melalui metode mendikte siswa kelas VIIIA SMP Negeri 9 Madiun tahun pelajaran 2008/ 2009.

Penelitian ini menggunakan subjek guru bidang studi pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, juga siswa kelas VIIIA dengan jumlah 41 siswa. Pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu: (1) observasi; (2) wawancara dan (3) dokumen atau arsip. Di dalam uji validitas data peneliti menggunakan trianggulasi somber yaitu informasi dari guru bahasa dan sastra Indonesia, trianggulasi metode yaitu untuk mengecek data dengan berbagai metode, misal pengumpulan data dengan wawancara dan trianggulasi teori yaitu ketertarikan siswa. Dalam prosedur peneliti ini, menggunakan penelitian tindakan kelas dilakukan beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.

Proses pada siklus I, peneliti dan guru bekerja sama untuk melakukan penelitian di kelas VIII A, melakukan kegiatan menyimak, teks berita. Siklus II, peneliti dan guru mengamati perilaku siswa di saat proses kegiatan belajar mengajar, dan siklus III, guru memberikan informasi hash dari pembelajaran yang sudah di laksanakan. Hasil siklus I, nilai terendah 5,0 dengan nilai rata-rata kelas 5,8 dengan pencapaian 48%, siklus II, nilai terendah 5,5 dengan nilai rata-rata kelas 5,8 dengan pencapaian 73%, sedangkan siklus III, nilai terendah 6,2 dengan niali rata-rata kelas 6,7 dengan pencapain 97%.

Hasil penelitian ini ada peningkatan kemampuan menyimak dengan pembelajaran teks berita melalui metode mendikte pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 9 Madiun tahun pelajaran 2008/ 2009.

DAFTAR PUSTAKA

Agus Budi Santoso. 2008. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia. Madiun: IKIP PGRI Madiun.

Ahmad Iskak dan Yustinah. 2008. Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan Kelas X Jakarta: Erlangga.

Asep Syamsul M. Romli. 1999. Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asep Yudha W, Sudarmawati.2008.Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMPI Mts kelas VIII.Jakarta: Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Djago Tarigan, dkk. 1997. Pendidikan Ketrampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Elva Nuraina. 2008. Jurnal Pendidikan, Relevansi Hasil UAN Terhadap Prestasi Belajar, 1 (14):29-30.

Frans Asisi Datang dan Aan Hilyati. 2008. Belajar Berbahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

H.D. Sudjana.2003 Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Prouction.

H.B.Sutopo.2006.Metodologi Penelitian Kualitatif dan Penerapannya dalam Penelitian.Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

http://karnisna.multiply.com/journal/item/16, diakses 16 Maret 2009.

h~tt ://QUmawangcity.blogspot.com/2007/04/hakikatmenyimak.html-311k, diakses 17 Maret 2009,

http://stainukebumen.wordpress.com/2009/O1/06/penilaian-ranah-psikomotorik - siswa, diakses 17 Maret 2009.

http: //ayonganteng. blongspot. com/2008/01 /pengertianpembelaiaran, htm 1-47k-, diakses 4 April 2009.

http://id. answer. yahoo. com/questions/index?qid=20080427202041 AAmHimq-28­k), diakses 16 Mei 2009.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja rosdakarya.

Joko Susilo. 2008, dalam htto://anakciremai.bloaiot.com/2008/06/makalah-ilmu­pendidikan-tentang-ilmu.html-132k, diakses 11 April 2009.

Munawir Yusuf, dkk. 2003. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Muslih Gunawan. 2008, dalam http://artikel.prianganonline.com/cetak.php?id= 375­18k, diakses 16 Mei 2009.

M. Soenardi Djiwandono. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB.

Rost. 1991, dalam http://www.ialf.edu/kipbipa/paper/iimrahmina.doc, diakses 12 Maret 2009.

Rakim 2009, dalam http://rakim-ypk.blogspot.com/200806/metode-penelitian. thml­63k), diakses 16 Mei 2009.

St.Y. Slamet. 2009. Dasar-dasar Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Sumani dan Agus Budi Santoso. 2008. Jurnal Pendidikan. Pembelajaran Bahasa Inggris, 1 (14): 58.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s