PTK SMA BAHASA INDONESIA (PEMANFAATAN JUDUL BERITA SURAT KABAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA ILMIAH PADA SISWA KELAS XI)


PEMANFAATAN JUDUL BERITA SURAT KABAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA ILMIAH PADA SISWA KELAS XI-IA.5 SMA NEGERI 1 SRAGEN (Penelitian Tindakan Kelas)

ABSTRAK

___________. 2008. Pemanfaatan Media Judul judul Berita Surat Kabar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana iImiah Siswa pada Kelas XI-L4.5 SMA Negeri 1 Sragen (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis wacana ilmiah siswa dengan memanfaatkan media judul-judul dari surat kabar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA.S SMA Negeri 1 Sragen. Sumber data yang digunakan adalah informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi: (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumen, dan (4) tes. Uji validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mempunyai bentuk siklus. Langkah-langkah dalam siklus tersebut terdiri dari planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi).

Penelitian ini diawali dengan suvei awal dan wawancara untuk mengetahui kondisi awal. Kdndisi awal yang terjadi pada siswa kelas XI-IA.S SMA Negeri I Sragen masih tergolong rendah. Hal itu disebabkan karena kurangnya ide kreativitas dan wawasah yang dimiliki oleh siswa yang rnerupakan titik lemah dalam membuat wacana ilmiah terutama dalam menentukan ide atau gagasan, terra atau topik, membuat judul, dan pemilihan kata-kata yang akan dituangkan dalam tulisan. Minimnya waktu urrtuk penyampaian materi kebahasaan juga menjadi salah satu penyebab lemahnya keterampilan siswa dalam menulis ilmiah.. Setelah mengetahui kondisi awal, guru memberikan perlakuan dalam menulis wacana ilmiah dengan memanfaatkan media judul judul berita dari sutar kabar yaitu Kompas edisi Desember 2007 dan Januari 2008, tentang pendidikan. Materi pelajaran yang diberikan adalah diksi, EYD, koheren dann kohesifitas kalimat dan paragraf, kerangka karangan, dan sistematika penulisan wacana ilmiah. Pemberian materi diberikan secara bertahap dalarn dua siklus yang dilakukan dalam tiga pertemuan.

Penelitian ini berkesimpulan; Pertama, penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Peningkatan proses ya g terjadi ditrmjukkan dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan keseriusan atau semangat siswa dalam mengikuti pelajaran menulis wacana ilmiah dengan menggunakan media kumpulan judul-judul berita dari surat kabar. Kedua, penelitian ini dilakukan untuk meningkatakan keterampilan menulis ilmiah siswa dengan memanfaatkan media judul judul berita dari surat kabar. Peningkatan yang terjadi cukup memuaskan terkait dengan hasil. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam menulis wacana ilmiah yang pada observasi awal nilai menulis siswa masih banyak yang di bawah 70 dan setelah diadakan tindakan, padaa siklus I nilai rata-rata siswa 66,67 menjadi 80,625 pada siklus II.

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Ambary. 1983. Bahasa Indonesia: Tata Karangan Ilmiah untuk SMA dan SMTA. Bandung: Djantika.

Agus Suriamiharja, Akhlan Husein, dan Nunuy Nurnajah.1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SUP Setara D-III tahun 1996/1997.

Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad, Sakura H. Ridwan. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alex Sobur. 2004. Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rodakarya.

Amir Fuady. 2001. Pengembangan Model Pembelajaran Menulis untuk Meningkatkan Keterampilan Memulis Siswa: Penelitian Tindakan di Sekolah Menengah Umum Negeri I Karanganyar. Tesis. Surakarta.

Antar Semi. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkas Raya.

Anwar Hasnun. 2004. Pedoman don Petunjuk Praktis Karya Tulis: puisi, Artikel, Makalah, Laporan, Surat Dinas. Yogyakarta: Absolut.

Andi Baso Mappatoto. 1999. Teknik Penulisan Feature (Karangan Khas). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Asep Syamsul M. Romli. 2005. Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arief S. Sadimar., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arifin, E. Zaenal. 1998. Dasar-dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Grasindo.

Azhar Arsyad. 2006. Media Pembeiajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azies dan Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Burhan Nurgiantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Fachrudin Ambo Enre. 1988. Dasar-dasar. Keterampilan Menulis. Jakarta: Direktorat Jederal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Gorys Keraf. 2001. Komposisi. Semarang: Bina Putra.

Habu Wahidji. 1985. Kemampuan Berbahasa Indonesia (Membaca dan Menulis) Murid Kelas VI Sekolah Dasar di Daerah Gorontalo. Jakarta: Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Haris Sumadiria. 2005. Menulis Artikel dun Tajuk Rencana: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.            -

Lasa Hs. 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media.

Miles,M.R. dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjejep Rohendi. Jakarta: UI-Press.

Muhammad Suyatno. 2001. Pembelajaran Keterampilan Menulis di Sekolah Dasar: Studi Kasus pada SD Negeri Wonogiri 6. Tesis. Surakarta.

Mukayat D. Brotowidjoyo. 1988. Penulisan Karangan llmiah. Jakarta: Akademika Presindo.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode dan Aplikasi Prinsip prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Robertus Angkowo dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran: Mempengaruhi Motivasi, Hasil Belajar dan Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Rochiati Wiriaatmadja. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarwiji Suwandi. 2007. Meneretas Jalan Menuju Peningkatan Minat dan Budaya Baca Pelajar dan Masyarakat. Surakarta.

Soeparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta. Intan Pariwara.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarlam.2005. Teori dan PraktikAnalisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

The Liang Gie. 1992. Pengantar Dunia Karang-mengarang. Yoyakarta: Liberty. Umar Nur Zain. 1992. Penulisan Features. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Yunita T. Winarto, Totok Suhardiyanto, dan Ezra M. Choesin. 2004. Karya Tulis Ilmiah Sosial: Menyiapkan, Menulis, dan Mencermatinya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

 Untuk pemesanan file lengkap silahkan konfirmasi via No. HP. 085 641 016 472 / PIN : 2771D5FB

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s