PTK SMA BAHASA INDONESIA (MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK-PAIR-SHARE )


UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 8 KALIJAMBE TAHUN AJARAN 2009/2010

ABSTRAK

_____________. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 8 KALIJAMBE TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 21 April 2010.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1)meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas XI IASMA Muhammadiyah 8 Kalijambe tahun ajaran 2009/2010 melalui penerapanmodel pembelajaran kooperatif teknik TPS dan (2) meningkatkan hasilpembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas XI IA SMA

Muhammadiyah 8 Kalijambe tahun ajaran 2009/2010 melalui penerapan modelpembelajaran kooperatif teknik TPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 8 Kalijambe dengan subjek siswakelas XI IPA. Jumlah siswanya sebanyak 20 siswa yang keseluruhannya adalahperempuan. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaranberdiskusi. Proses penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang meliputi empattahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Teknikanalisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisiskritis. Teknik deskriptif komparatif digunakan untuk membandingkan hasilantarsiklus. Peneliti membandingkan hasil sebelum penelitian dan setelah siklus.

Misalnya: membandingkan rerata nilai kemampuan berbicara siswa pada kondisisebelum tindakan, setelah siklus I, siklus II, dan seterusnya. Teknik analisis kritismencakup kegiatan untuk mengungkap kelemahan dan kelebihan kinerja guru dansiswa dalam pembelajaran berdasarkan kriteria normatif yang diturunkan darikajian teoretis maupun ketentuan yang ada. Hasil analisis tersebut dijadikan dasardalam menyusun perencanaan tindakan untuk tahap berikutnya sesuai dengansiklus yang ada. Hasil penelitian terdapat peningkatan kualitas pembelajaran baikproses maupun hasil berdiskusi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah  Kalijambe. Peningkatan kualitas proses pembelajaran tersebut ditandai denganmeningkatnya: (1) keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran, (2)keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat / mempertahankan pendapat,(3) jumlah siswa yang sudah mampu bekerja sama dan kompak denganpasangannya, dan (4) pencapaian ketuntasan hasil belajar (keterangan siswaberbicara dengan bahasa yang runtut, baik, dan benar). Adapun peningkatankualitas hasil pembelajaran ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yangmencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu lebih dari atau sama dengannilai 65. Pada siklus I sebanyak 9 (45%) siswa dari 20 siswa. Pada siklus IImeningkat menjadi 14 (70%) siswa dari 20 siswa. Pada siklus III meningkatmenjadi 18 (90%) siswa dari 20 siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas . Jakarta: Gramedia.

Aninditya Sri Nugraheni. 2009.”Penerapan Strategi Cooperative Learning Jenis Think-Pair-Share (TPS) pada Pembelajaran Kompetensi Berbicara pada Siswa Kelas VII-H SMP Al-Islam Surakarta”. Thesis. Universitas Sebelas Maret, tidak dipublikasikan.

Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Dewi Salma Prawiradilaga. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran (Instructional Design Principal). Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Dewi Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi

Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Didang Setiawan. 2006. “Implementasi Metode Pembelajaran Interaktif dalam KTSP” (dalam smpn1boyolali.files.wordpress.com/2008/07/bina-gurinteraktif. pp). Diunduh pada tanggal 20 November 2008.

Enco Mulyasa. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Erman Suherman. 2008. “Hakikat Pembelajaran” (dalam http://educare.efkipunla. net/index2.php). Diunduh pada tanggal 20 November 2009.

Evi Maslahatun Ni’mah. 2007. “Efektivitas Model Pembelajaran Think-Pair- Share dalam Mata Pelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Semarang”. Skripsi. (dalam digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/index) Diunduh pada tanggal 18 November 2009.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Imam Syafi`ie. 1993. Terampilan Berbahasa Indonesia 1 Petunjuk Guru Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maidar G. Arsjad, Mukti, U.S,. 1998. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nina Septriana dan Budi Handoyo. “Penerapan Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi”. Jurnal Pendidikan Inovatif, Volume 2, Nomor 1. September 2006.

Nyiastuti Dwi Agustina. 2009. ”Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas XII SMA Bung Karno Karanganyar Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi. FKIP Universitas Sebelas Maret, tidak dipublikasikan.

Sabarti Akhadiah. 1998. Evaluasi dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Sarwiji Suwandi. 2008. Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Sarwiji Suwandi dan Budhi Setiawan. 2003. Keterampilan Berbicara. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Spillet. 2008. “Cooperative Learning (Think-Pair-Share)” (dalam http://community.scholastic.com/scholastic/blog/article/blog.id=ELL strategies&message.id=32). Diunduh pada tanggal 15 Desember 2009.

Sri Utari Subyakto Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Suharyanti. 1996. Berbicara (IND.202). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Suharsimi Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suherman, W. Lawrence. 2008. “Cooperative Learning In Post Secondary Education: Implications From Social Psychology For Active Learning

Experiences“ (dalam http://www.users.muohio.edu/shermalw/aera96.html) Diunduh pada tanggal 9 Desember 2009.

Suprayekti. “Strategi Penyampaian Pembelajaran Kooperatif ”. Jurnal Pendidikan Penabur. Volume V, Nomor 07. Desember 2006.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yayu. 2008. ”Membangun Kesadaran Berperilaku Akademik: Dari Bangku Sekolah ke Bangku Kuliah” (dalam kharismabangsa.or.id/ppt/yayu.ppt) Diunduh pada tanggal 20 November 2009.

Zaenal Arief. 2005. ”Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X-4 SMA Negeri I Jepara Melalui Diskusi dengan Pendekatan Kontekstual Fokus

Pemodelan”. Skripsi. (dalam digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/index) Diunduh pada tanggal 21 November 2009.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s