PTK SD PKN (Media Pembelajaran OHP)


PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN OHP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV DI SDN PANDANREJO 01 KECAMATAN PAGAK KABUPATEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

Kasiyanti, 2008. Penggunaan Media Pembelajaran OHP untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn PADA Siswa Kelas IV di SDN Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2008/2009.

Kata kunci : minat belajar, media pembelajaran OHP

Pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membang-kitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologi terhadap siswa (Hamalik, 1986:23). Siswa diharapkan akan dapat menerima dan menyerap dengan mudah dan baik pesan-pesan dalam materi yang disajikan. Untuk memanfaatkan semua alat indera dalam kegiatan pembelajaran diperlukan rangsangan (stimulus).

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Apakah penggunaan media pem-belajaran OHP dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar PKn siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009?, Bagaimanakah dampak penggunaan media pem-belajaran OHP dalam proses pembelajaran PKn pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009?

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) ingin mengetahui penggunaan media pembelajaran OHP dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat bela-jar PKn siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009, (2) ingin mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran OHP dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research). Penelitian melalui beberapa tahap yaitu 1. Refleksi awal, 2. Perencanaan, 3. Tindakan Observasi, 4. Refleksi Akhir. Subyek siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Keca-matan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran OHP dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar PKn siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pandanrejo 01 Keca-matan Pagak Kabupaten Malang tahun pelajaran 2008/2009.

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. 2003. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Afifudin. 1988. Psikologi Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar. Solo: Harapan Massa.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bum Aksara.

Arief, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bogdan, R.C. & Biklen, S.H. 1982. QualitativeResearch in Education. Boston Uni-versity.

Bruner., J., S. 1966. Toward a Theory of Instruction. Cambridge: Havard University.

Dale, E. 1969. Audiovisual Methods in Teaching. (Third Edition). New York: The Dryden Press, Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdikbud. 1990. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Proyek Pembinaan SD.

Guba, IJ. G., L Lincoln. Y- S. 1981. Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

E-lamalik, O. 1994. Media Pendidikan (Cetakan ke-7). Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Abadi.

Jasin, Anwar. 1971. Pedoman Pembuatan & Pemakaian Alat-Alat Peraga Pendidikan di Sekolah Dasar . Bandung: Remadja Karya.

Kemp, J. F. dtt Dayton, I.K. 1985. Planning dan Producing Instructional Media. (Fifth Edition). New York: Harper & Row, Publisher.

Miles, M.B.S. Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda-karya.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Nuturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.

Spradley, J.P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Sudjana, N. dan Rival, A. 1990. Media pembelajaran. Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru Bandung.

Sudjana, N. dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Sukidin dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insane Cendekia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Re-maja Rosdakarya.

Sunarso, 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 4 Sekolah Dasar. Bogor: Yudhis-tira.

Sutoyo. 1979. Psikologi Belajar. Malang.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Re-maja Rosdakarya.

Wardani. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wahab, Aziz. 2007. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Per-tama. Malang: Bayu Media Publishing.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s