PTK TIK SMP (Metode Pembelajaran Demonstrasi)


PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI  MATERI MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI PADA SISWA KELAS IX B SEMESTER 2 SMP NEGERI 3  KARANGJATI  TAHUN  PELAJARAN 2007/2008

ABSTRAKSI

Agustinus Sudaryadi, “PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MATERI MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI PADA SISWA KELAS IX BSEMESTER 1 SMP NEGERI 3 KARANGJATI  TAHUN PELAJARAN 2007/2008”

Penelitian ini bertujuan  untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi wilayah dan pusat pertumbuhan bagi siswa kelas IX B semester 2 di SMP Negeri 3 Karangjati dengan cara penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan , pelaksanaan , observasi dan refleksi. Sedang untuk  mengaktifkan siswa dalam penelitian ini , peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa.

Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelaS IX B semester 2 di SMP Negeri 3 Karangjati sedang objeknya adalah pembelajaran menggunakan internet untuk memperoleh informasi pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi  yang diajarkan dengan cara demonstrasi dan mengaktifkan siswa.

Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi Menggunakan internet untuk memperoleh informasi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 30 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebear 20 %.

Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tehnik pembelajaran demonstrasi.

Keyword

  1. Metode Pembelajaran Demonstrasi
  2. Menggunakan internet untuk memperoleh informasi

DAFTAR PUSTAKA

Arifin Zaena. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya

Choiriyah, Siti (2006). Acuan Pengayakan Ilmu Pengetahuan Alam . Solo : Sindhunata

Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali

Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam . Jakarta : Ditjen Dikdasmen D2 Karunika UT

Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia

Yohanes Surya (1997), Olympiade, Jakarta : Galaxy.

Daniel Muijs dan David Reynolds 2000. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi ( Edisi ke -2 ) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2004, Strategi PembelajaranAktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s