PTK SMA GEOGRAFI (Metode Diskusi)


PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI MATERI BIOSFER PADA SISWA KELAS XI IS 3 SEMESTER 2  SMAN 1 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007

ABSTRAKSI

Dra. Sulih Rahmawati “PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI MATERI BIOSFER PADA SISWA KELAS XI IS 3 SEMESTER 2  SMAN 1 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007

Penelitian ini bertujuan  untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi biosfer siswa kelas XI IS 3 semester 2 di SMA Negeri 1 Madiun dengan cara penggunaan metode diskusi. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk  mengaktifkan siswa dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa.

Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IS 3 semester 2 di SMA Negeri 1 Madiun sedang objeknya adalah pembelajaran geiografi diajarkan dengan cara menggunakan metode pembelajaran diskusi

Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 25 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebear 35 %.

Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tehnik pembelajaran diskusi.

Keyword

  1. Metode Pembelajaran diskusi
  2. Geografi
  3. Penelitian Tindakan Kelas

DAFTAR PUSTAKA

Arifin Zaena. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya

Choiriyah, Siti (2006). Acuan Pengayakan Ilmu Pengetahuan Alam . Solo : Sindhunata

Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali

Supono, dkk (19760, Energi Gelombang Medan I. Jakarta : Balai Pustaka.

Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam . Jakarta : Ditjen Dikdasmen D2 Karunika UT

Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia

Yohanes Surya (1997), Olympiade, Jakarta : Galaxy.

Daniel Muijs dan David Reynolds 2000. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi ( Edisi ke -2 ) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Eerhi Suharini, Apik Budi Santosa, Tjaturrahona. 2004. Geografi untuk Kelas XII (SMA dan MA), Bengawan Ilmu : Surakarta

Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2004, Strategi PembelajaranAktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s