PTK SD OLAHRAGA (UPAYA MENINGKATKAN KECAKAPAN BERMAIN TENIS MEJA MELALUI PENGGUNAAN METODE LATIHAN INTERVAL PADA SISWA KELAS V )


UPAYA MENINGKATKAN KECAKAPAN BERMAIN TENIS MEJA MELALUI  PENGGUNAAN METODE LATIHAN INTERVAL PADA SISWA KELAS V PUTRA SD MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008

ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kecakapan bermain tenis meja melalui penggunaan metode latihan interval pada Siswa Kelas V Putra SD Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas V putra SD Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Sumber data berasal dari hasil observasi kegiatan latihan tenis meja melalui metode latihan interval. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik siklus yang terdiri dari 2 siklus dengan langkah-langkah meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Indikator kinerja meliputi hasil tes kecakapan bermain tenis meja dengan menggunakan test back board dan minat atau motivasi siswa dalam mengikuti program latihan dengan metode interval.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan interval dalam permainan tenis meja yang dilaksanakan oleh penelitimenunjukkan dapatmeningkatkan kecakapan siswa bermain tenis meja pada siswa kelas V Putra SD Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu hasil pukulan siswa tepat sesuai sasaran yang telah ditentukan meningkat dari hasil tes siklus I dengan hasil tes siklus II.

DAFTAR PUSTAKA

A. Hamidsyah Noer. 1995. Ilmu Kepelatihan Dasar. Surakarta: Universitas Terbuka.

Amnheim, D. dan Klasfs, E. 1981. Modem Principles of Athletic of Training. London: The C.V. Mosby Company.

Dongsina Moeloek dan Arjatmo Tjokronegoro. 1984. Kesehatan dan Olahraga. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Edward L. Fok. 1988. The Physiologycal Bases of Physical Education and Athletics, New York: Holt Wb Sounders Company

Harsono, 1988. Choaching dan Aspek-Aspek Physiologis Dalam Choaching. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti.

M. Frank Verducy. 1980. Measurement Concept in Physical Education. St. Louis Missouri: Mosby Company.

Moh. Nazir. 1998. Metode Penelitian. Cetakan Ke-3. Jakarta: Ghalia Indonesia.

M. Sajoto. 1995. Peningkatan & Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize.

Nossech J. 1982. Genaral Theory of Training. Logos: Pan African Press.

Pate R. Rotella R dan Me Clenaghan B. 1993. Dasar-Dasar Ilmiah Kepelatihan. Alih Bahasa Kasiyo Dwijowmoto. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sadoso Sumasordjono. 1994. Pengetahuan Praktis Kesehatan Dalam Olahraga. Jakarta: Gramedia.

Soemamo, dkk. 1995. Materi Pokok Olahraga Pilihan (Tenis Meja). Depdikbud. Jakarta.

Soekarman. 1987. Dasar Olahraga Untuk Pembina, Pelatih dan Atlet. Jakarta: Inti Idayu Press.

Suhamo H.P. 1985. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: FPOK IKIP Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. 1998. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Sujana, 1992. Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sutrisno Hadi, 1995.Metodologi Research IV.Yogyakarta: Andi Offset.

William H. Freeman. 1989. Peak When It Count. Los Altos: Tafhews Press.

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s