SKRIPSI EKONOMI (ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN)


ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. KASEGA DADIDIT DI BOYOLALI

ABSTRAK

_______________, 02110021, ANALISIS PENGARUH BUAYA PROMOSI TERHADAP  VOLUME PENJUALAN PADA PT. KASEGA DADIDIT DI BOYOLALI, 2006, (63 halaman).

Perusahaan pada umumnya didirikan bertujuan dapat bertahan hidup dan mencari laba yang semaksimal mungkin. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Perusahaan untuk memerkenalkan produk dan mendorong masyarakat melakukan pembelian adalah promosi yang terdiri dari promosi penjualan, personal selling dan periklanan.

Perusahaan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh yang terdiri dari promosi penjualan, personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan? 2) Faktor mana saja yang berpengaruh paling dominan antara promosi penjualan, personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan ?.

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh promosi yang terdiri dari promosi penjualan, personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan. 2) Untuk mengetahui faktor yang berpengaruh paling antara promosi penjualan, personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan.

Hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Diduga terdapat pengaruh antara promosi penjualan, personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan. 2) Diduga variabel periklanan memiliki pengarh paling dominan dalam peningkatan volume penjualan. Alat analisis yang digunakan dalam peneltian adalah 1) Uji Normalitas, 2) Uji Linearitas, 3) Analisis Regresi Parsial, 4) Uji t, 5) Analisis Regresi Linier Berganda dan 6) Uji F.

 Hasil analisis data dapat disimpulan sebagai berikut : 1) Biaya promosi penjualan, perosnal selling dan periklanan berpengaruh terhdap peningkatan volume penjualan. 2) Bioaya periklanan mempunyai pengaruh paling dominan terhaap volume penjualan dibandingkan biaya promosi penjualan dan biaya personal selling.

Saran yang diberikan sebagai berikut : hendaknya diadakan evaluasi secara rutin dan menyeluruh terhadap kegiatan promosi perusahaan, karena telah terbukti periklanan memiliki hubungan yang erat dengan volume penjualan dan diharapkan menggunakan media iklan seperti pemasarangan spanduk, iklan di majalah dan koran sehingga promosi lebih efektif dan mampu menaikkan volume penjualan.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

ABSTRAKSI

HALAMAN PERSETUJUAN

HALAMAN PENGESAHAN

HALAMAN MOTTO

HALAMAN PERSEMBAHAN

KATA PENGATAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

BAB I     PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Batasan  Masalah
  3. Rumusan Masalah
  4. Tujuan Penelitian
  5. Manfaat Pemikiran
  6. Kerangka Pemikiran
  7. Hipotesis
  8. Metode Penelitian

BAB II    TINJAUAN PUSTAKA TENTANG BIAYA PROMOSI DAN VOLUME PENJUALAN

  1. Pengertian Pemasaran
  2. Konsep Pemasaran
  3. Marketing Mix
  4. Pengertian Promosi
  5. Tujuan Promosi
  6. Variabel –variabel Promotional Mix
  7. Faktor-faktor yang Mempengauhi Promosi
  8. Pengertian Biaya Promosi
  9. Volume Penjualan

BAB III   GAMBARAN UMUM PT. KASEGA DADIDIT DI BOYOLALI

  1. Sejarah dan Perkembangan
  2. Strukatur Organisasi
  3. Susunan Personalia
  4. Produksi
  5. Pemasaran

BAB IV   ANALISA PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. KASEGA DADIDIT DI  BOYOLALI

  1. Deskripsi  Data
  2. Analisis Data
  3. Derajat Pengaruh Dominan Terhadap Volume Penjualan

BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN

  1. Kesimpulan
  2. Saran – saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

DAFTAR FUSTAKA

Basu Swastha dan Irawan, 2003, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi : II, Liberty, Yogyakarta.

Besu Swastha, 2000, Azas-azas Marketing, Edisi : II, Liberty, Yogyakarta.

Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo, 1999, Statistik Indukltf Edisi Keempat, BPFE, Yogyakarta.

Irawan, Faried Wijaya M, M. N Sudjani, 1996, Pemasaran: Prinsip dan Kasus, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.

Nurgiantoro, Burhan dkk, 2002, Statistik Terapan : Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Philip Kottlqr, 1990, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implenlentasi dan Pengendalian, Terjemahan Hendrat Teguh dan Ronny A. Rusli, Erlangga, Jakarta.

Radiasunu, 1997, Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Edisi Keenam, Erlangga, Jakarta.

Sofyan Assuan, 1998, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Edisi Kedua, Rajawali, Jakarta.

Sudjana, 1981, Statistika Untuk Ekonomi dan Niaga, Edisi Baru, Tarsito, Bandung.

Suharsimi Arkunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Supriyono, 1999, Akuntansi Manajemen I Konsep Dasar Akuntansi Manajemen dan Proses Perencanaan, Edisi I, BPFE, Yogyakarta.

William J. Stanton, 1997, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke-3, Erlangga, Jakarta.

Untuk mendapatkan/Pemesanan file lengkap silahkan konfirmasi via telpon/sms ke No. HP. 085 641 016 472

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s